Sabtu, April 21

Temu Lapang Produksi Bawang Putih Pendukung Pengembangan Jawa Timur

PROBOLINGGO, JURNALPAGI.NET – Tanaman bawang putih merupakan salah satu bahan pokok bagi kebutuhan masyarakat indonesia sebagai pelengkap bahan dasar makanan untuk menciptakan cita rasa yang khas pada menu makanan dalam bentuk apapun.
Maka dari itu jasa para petani Indonesia sebagai soko guru sungguh tak terhingga, melalui Kementerian Pertanian menetapkan pada tahun 2021 sebagai tahun swasembada bawang putih nasional. Mendukung program tersebut dalam upaya BTBP (Balai Teknik Benih Pertanian) Jawa Timur telah melakukan produksi benih bawang putih varietas nasional yang hasilnya sangat membanggakan dan cocok untuk ditanam oleh para petani jawa timur sebagai peningkatan sumber ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan lahan konservasi yang tersedia.
Rabu (11/04) kemarin, bertempat di lahan ladang pertanian Dusun Punjul Desa Sukokerto Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo, telah dilaksanakan kegiatan Temu Lapang Produksi Bawang Putih Mendukung Pengembangan Kawasan Di Jawa Timur yang hadir diantaranya, Kepala BTBP Jatim, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo beserta para petani bawang putih, terlihat antusiasme warga dalam menyambut program pertanian tentang swasembada bawang putih sehingga petani khususnya yang ada diwilayah sukapura ini selalu siap dalam menyongsong program tersebut.
Menurut keterangan petugas pertanian dari BTBP Jatim melalui M Syaifudin Malik yang selalu setia mendampingi para petani untuk selalu eksis dan konsisten dalam melaksanakan pekerjaan sebagai petani yang baik dan profesional terutama fokus pada program yang dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka mensukseskan program swasembada bawang putih.
“Diawali dari para petani yang ada dikawasan daerah Sukapura Kabupaten Probolinggo sudah terlihat hasilnya dan bisa dipergunakan sebagai pembibitan selanjutnya untuk ditanam oleh para petani disekitarnya bahkan diseluruh area pertanian di probolinggo khusunya, menjadi andalan varieatas bawang putih bernama lumbu kuning dan lumbu hijau yang nantinya akan menjadi unggulan hasil produksi pada petani dikawasan daerah gunung bromo,” ungkapnya.
Saifudin menjelaskan bahwa mengingat waktu yang lalu konon tanaman bawang putih diprobolinggo pernah menjadi produk unggulan yang luar biasa bagi para petani probolinggo, namun dengan merosotnya harga bawang putih yang begitu rendah sehingga para petani saat itu menjadi kolep dan gulung tikar.
“Menyongsong program dari kementerian pertanian dengan swasembada bawang putih ditahun 2021, melalui pendampingan ekstra dari BTBP jatim disertai skill petugas pendampingan dan pengawasan dari Kementrian dan dinas pertanian kabupaten probolinggo maka dipelopori masyarakat petani Punjul Wonokerto bertekat akan mensukseskan program yang dimaksud,” pungkasnya. (Suly)

Sumber:http://jurnalpagi.net/temu-lapang-produksi-bawang-putih-pendukung-pengembangan-jawa-timur/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *