Rabu, Mei 23

Pelatihan KRPL untuk Babinsa dan Ibu Persit di Kodim 0817 Gresik

Gresik – Sudah tidak diragukan lagi bahwa saat ini kerjasama yang terjalin antara Kementerian Pertanian dengan TNI AD dalam bidang pertanian sangat baik terkait dengan Program Peningkatan Ketahanan Pangan di daerah. Demikian halnya yang terjalin antara Kodim 0817 Gresik dengan BPTP Balitbangtan Jawa Timur, dimana jajaran TNI AD sangat membantu dalam pencapaian target pada Program Upsus Pajale di seluruh kabupaten di Jawa Timur, dan BPTP Jawa Timur berupaya untuk dapat memberikan pengetahuan terkait inovasi teknologi pertanian kepada para anggota TNI AD sebagai wawasan bagi mereka dalam melaksanakan tugas pokok TNI AD di kemasyarakatan.

Oleh karena itu, tim narasumber BPTP Jawa Timur yang dimotori oleh bpk Ir. Al Gamal Pratomo, ibu Ratih Kusuma dan ibu Citra Indra turut serta memberikan pelatihan baik kepada 42 anggota Kodim 0817 Gresik dalam rangka pelatihan Binter (pembinaan teritorial) dan 168 ibu-ibu persit Kartika Chandra Kirana Cabang Kodim Gresik yang sedang melaksanakan pertemuan anggota, yang diselenggarakan pada tanggal 8-9 Mei 2018 di Aula Kodim 0817, kota Gresik.

Dalam pelatihan tersebut, materi yang disampaikan oleh narasumber adalah terkait pemanfaatan pekarangan dengan menanam tanaman sayuran dan hortikultura melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Adapun dalam pelatihan tersebut, dipraktekkan cara membuat persemaian yang sangat sederhana (menggunakan tray) untuk nantinya dapat dipindahkan dalam wadah pertanaman dalam polibag atau sesuai keinginan. Selain itu disampaikan cara budidaya tanaman sayur dan hortikultura yang mudah ditanam di pekarangan rumah anggota ataupun lahan di lingkungan Kodim.

Umumnya para babinsa dan ibu-ibu Persit sangat antusias terhadap materi yang disampaikan, karena dapat bertanya langsung cara budidaya tanaman yang sederhana namun menghasilkan. Yang sering ditanyakan pula adalah beberapa hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman tersebut. Selain itu pengetahuan terkait pertanian sangat dirasakan manfaatnya oleh para anggota kodim khususnya sebagai usaha sampingan yang memberikan prospek menjanjikan.

Penting dicatat bahwa pelatihan ini semakin mempererat jalinan silaturahmi dan kerjasama yang saling mendukung antara anggota sejajaran Kodim 0817 Gresik dan BPTP Jawa Timur, khususnya tim TTP Gresik, dalam rangka melaksanakan berbagai program kerja kedua institusi tersebut kedepan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *