Rabu, Mei 23

BPTP Jatim Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah di Lumajang

Dalam rangka  mengembalikan marwah dan gairah Penyuluh Pertanian Daerah di Jawa Timur, Badan Litbang Pertanian melalui BPTP Jatim menyelenggarakan Bimbingan Teknis Peningkatan Penyuluh. Selama 2 hari ini, yg dimulai tanggal 14 sd. 15 Mei 2018, telah dilaksanakan Bimtek Penyuluh Daerah Yg ada di Kab. Lumajang. Bertempat di Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Bimtek tsb dibuka oleh Kadisperta, Ir. Imam Suryadi, MSi, dan dihadiri oleh Kepala BPTP Jatim, Dr. Chendy Tafakresnanto, MP. Bimtek diikuti oleh 30 orang peserta dari 21 kecamatan yang ada di kabupaten Lumajang.

Saat ini pembangunan pertanian telah menuntut suatu percepatan adopsi dan hilirisasi inovasi yang adaptable lokal spesifik lokasi oleh pelaku utama dan pelaku usaha yang dijembatani oleh penyuluh. Maka dari itu, terbitlah Permentan no.1919/OT.020/5/2015, Balitbangtan ikut berperan dalam mengembalikan gairah penyuluh pertanian . Sebagai implementasinya dilakukan oleh BPTP Jatim yang merupakan UPT/UK Balitbangtan yang berada di wilayah propinsi. Hal ini disampaikan oleh kepala BPTP Jatim dalam sambutannya.

Sementara itu kadisperta menghimbau kepada para peserta untuk memanfaatkan sebaik-baiknya bimtek ini sebagai upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan diri dalam mendukung kinerja pendampingan kelompok tani. Turut menjadi narasumber dalam bimtek Ir. Sri Widarti, MMA, penyuluh senior, asesor dan juga anggota PERHIPTANI, yang memberikan materi Peningkatan Kapasitas Terhadap Keberhasilan Penerapan dan Hilirisasi Inovasi, Evaluasi Kinerja Penyuluhan Pertanian dan Penulisan Karya Ilmiah (KTI).

Sebagai dukungan teknis kabupaten Lumajang yang berpotensi untuk tanaman bawang putih, peneliti  senior BPTP jatim, Ir. Barwarsiati, MS memberikan materi Mengembalikan Kejayaan dan Upaya Pengembangan Bawang Putih Melalui Inovasi Teknologi Anjuran (pemilihan bibit, tanam, sampai dengan panen).

Untuk mendukung dokumentasi dan penyebarluasan informasi, diberikan pula materi Pemilihan dan Media Komunikasi/Penyuluhan dan Pengembangan melalui Media Sosial oleh Ir. Tini Siniati, MSi. Dan dilanjutkan praktek pembuatan media komunikasi dan sosialisasi inotek melalui FB, instagram, tweeter dan video pendek (durasi 3 menit) dengan aplikasi Kinemaster oleh L.Restu Bayu N., SST.

Telah disepakati, Output Bimtek Penyuluh Lumajang, memproduksi 5 judul video durasi pendek, tentang profil BPP n Kegiatan di Wilbi Penyuluh. Selain itu juga ada RTL yg harus dibuat n di realisasikan di Lapang. Sampai dengan akhir acara, peserta tampak antusias dalam mengikuti bimtek ini. Semoga ilmunya bermanfaat di wilayah binaan masing-masing.

Jayalah Pertanian Indonesia !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *