Kamis, Juni 21

Optimalisasi Percepatan SERGAP, Kementan ajak BULOG Pacu Serapan Harian

Bertempat di Dinas Pertanian Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Kepala BKP Kementan, Dr. Agung Hendriadi melakukan koordinasi dengan TNI, Bulog, DPD Perpadi Jatim serta Disperta Provinsi Jatim. Dengan agenda utama adalah pembahasan Upaya Optimalisasi Serap Gabah Petani (SERGAP), Dr. Agung Hendriadi hadir bersama Jajarannya di Jatim pada tanggal 31/5/2018. Dalam acara tersebut disampaikan bahwa Pada sub-round I tahun 2018, surplus beras di Jatim mencapai 2,5 juta ton. Jumlah ini diperkirakan akan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di Jatim hingga 9 bulan ke depan.

Kepala BKP Kementan berharap pemerintah akan lebih berperan dalam memegang kendali penguasaan surplus beras tersebut. “ Jangan biarkan surplus beras tersebut dikuasai oleh sebagian orang, karena Jatim merupakan acuan cadangan beras nasional”, ujarnya. Dr Agung menambahkan bahwa Indonesia membutuhkan 1,5 juta ton beras untuk menjamin Keamanan Pangan Nasional, sehingga semua pihak yang terlibat harus turun ke lapang untuk meningkatkan serapan BULOG.

“Divre BULOG Jatim sangat siap untuk menyerap gabah/beras petani baik dari sisi ketersediaan gudang, SDM maupun pendanaan”, ujar Wakil Kepala Divre BULOG Jatim yang hadir sebagai perwakilan dari pihak BULOG Jawa Timur. “BULOG siap menyerap sesuai dengan harga dan kualitas yg telah ditetapkan pemerintah”, tambahnya. Saat ini, BULOG Divre Jatim masih memiliki sisa target semester I 2018 sebanyaak 227.908 ton, sehingga target serapan harian diharapkan dapat mencapai 9.116 ton/ hari.

Sebagai tindak lanjut, diperlukan pembahasan lebih lanjut mengenai batas toleransi kualitas gabah/ beras pada musim tertentu agar mitra BULOG tidak terlalu sulit memasok gabah/beras ke BULOG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *