Kamis, Juni 21

SIDOARJO PACU LTT BULAN JUNI

Bertempat di Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo digelar rapat koordinasi percepatan Luas Tambah Tanam (LTT) periode tanam April-September. Acara dibuka oleh Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Perkebunan, Ir. Nurwantingsih dan dihadiri Kepala BPTP Jatim selaku PJ UPSUS serta para mantri tani dari 18 Kec. di Kabupaten Sidoarjo (4/6/2018).

Potensi luas tanam padi periode Apsep 2018 Kab. Sidoarjo seluas 17.077 ha. Bulan Juni, Sidoarjo optimis menembus 5.000 ha realisasi tanamnya. Setelah melewati April dengan realisasi LTT 1.645 ha dan Mei 4.579 ha. Pada MK 1 ini sawah irigasi masih dimungkinkan tanam padi. Sudah 1,5 bulan Sidoarjo memasuki musim kemarau, sawah tadah hujan dengan kendala ketersediaan air, petani beralih ke palawija atau hortikultura.

Mendukung percepatan LTT bulan Juni, saat ini petani sudah melakukan persemaian dan olah tanah. Hasil identifikasi potensi LTT di masing-masing kecamatan, taksasi tanam padi Juni dapat menembus 5.000 ha. Jika tercapai sesuai target, maka luas tanam April-Juni mencapai 10.580 hektar.

Untuk mendorong percepatan LTT, BPTP Jatim memberikan stimulan berupa benih VUB dan bantuan olah tanah. Selain itu, BPTP Jatim akan mengadakan DEM pada wilayah yang terkendala air, melalui kegiatan peningkatan IP padi dengan memanfaatkan sumur dangkal sebagai salah satu alternatif sumber air irigasi.

Sementara itu, Dr. Chendy Tafakresnanto, MP selaku PJ UPSUS mendorong dan terus memberikan semangat untuk giat LTT dan terus mengawal data di lapangan supaya sinkron dengan data BPS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *