Rabu, Oktober 16

Ayam KUB Semakin Diminati, Lamongan Adakan Bimtek

Pilar – Ayam Kampung Unggul Baru (KUB) Balitbangtan atau sering disingkat KUB, merupakan hasil inovasi Balai Penelitian Ternak, Badan Litbang Pertanian. Perkembangannya semakin masif menyebar ke berbagai daerah di Indonesia khususnya untuk diternakan sebagai ayam petelur.

Ditambah lagi dengan pembagian ayam KUB mendukung Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) yang diarahkan bagi Rumah Tangga Miskin di beberapa provinsi seperti Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, NTB dan beberapa daerah lainnya.

Selain itu, komitmen terhadap program Bekerja juga ditunjukan dengan mandat yang diberikan Balitbangtan melalui Puslitbang Peternakan kepada 6 BPTP di Pulau Jawa dan NTB untuk melakukan perbanyakan DOC ayam KUB dengan menggandeng peternak plasma skala rumah tangga di setiap daerah.

Apa saja kelebihannya hingga ayam KUB ini mampu eksis menyaingi pamor ayam kampung lainnya?. Antara lain :
1. Sifat mengeram yang lebih rendah, hanya 10% dari total populasi
2. Bobot badan ayam dapat mencapai 1.200 – 1.600 gram
3. Produksi telur ayam yang cukup tinggi yakni mencapai 45-50%
4. Produktivitas telur lebih tinggi per tahunnya yaitu 160-180 butir
5. Umur pertama ayam bertelur lebih awal yakni 20-22 minggu

Kabupaten Lamongan salah satu yang menjadi sasaran pengembangan ayam KUB di wilayah Jawa Timur. Untuk itu, 100 peserta mengikuti Bimbingan teknik (Bimtek) ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) pada Jum’at (16/11/2018).

Bimtek dilaksanakan di aula Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lamongan, Selain bimtek ayam KUB peserta juga dibekali prospek pemeliharaan domba komposit.

Acara bimtek dihadiri oleh Wakil Ketua komisi IV DPR-RI, H. Viva Yoga Mauladi, Kepala Balitbangtan yang diwakili Kepala Puslitbang Peternakan, Dr. Atien Priyanti, M.Sc, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir. Sukriyah, MM, Kepala BBP2TP yang diwakili Kabid KSPHP, dan BPTP Jawa Timur.

Viva Yoga menyatakan harapannya agar melalui bantuan dan Bimtek Ayam KUB ini dapat menjadikan Lamongan sebagai Kabupaten terkemuka di Jawa Timur dalam hal pengembangan ayam kampung.

Senada dengan pernyataan politisi berdarah lamongan tersebut, Kadis Peternakan Lamongan menyampaikan apresiasinya kepada BPTP Jawa Timur yang tidak hanya memberikan sarana produksi berupa ternak melainkan juga pendampingan teknis budidaya.

“Harapan kami agar setelah kegiatan ini muncul kelompok-kelompok peternak unggul khususnya ayam kampung di Lamongan sehingga bantuan tersebut memang benar terasa manfaatnya”, ujar Sukriyah

Mewakili Kepala Balitbangtan, Dr. Atien Priyanti menerangkan bahwa ayam KUB merupakan salah satu inovasi peternakan yg dihasilkan oleh Balitbangtan sehingga harus dirasakan manfaatnya oleh peternak.

“Kami berharap setelah bimtek ini bapak-ibu juga berkenan memberikan umpan balik kepada kami sehingga penelitian yg kami lakukan bisa memenuhi kebutuhan riil peternak dan memecahkan permasalah yg dihadapi peternak”, pungkas peneliti senior di Puslitbangnak ini.

sumber:https://pilarpertanian.com/ayam-kub-semakin-diminati-lamongan-adakan-bimtek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *