Rabu, November 21

BIMBINGAN TEKNIS PERBENIHAN HORTIKULTURA, PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN DI PONOROGO

BIMBINGAN TEKNIS PERBENIHAN HORTIKULTURA, PERKEBUNAN DAN PETERNAKAN DI PONOROGO

Kegiatan bimbingan teknis (bimtek) perbenihan hortikultura, perkebunan dan peternakan oleh Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian telah digelar di Balai Desa Setono Kec. Jenangan Kabupaten Ponorogo pada tanggal 22 Oktober 2018. Kegiatan bimtek dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan yang diwakili oleh Kabid Penyuluhan Drs. H. Wahyu Ari Basuki, M.Si , Anggota Komisi IV DPR-RI Drs. H. Ibnu Multazam, Kepala BPTP Jawa Timur Dr. Ir. Chendy Tafakresnanto, MP dan tim dari BBP2TP yang dimotori oleh Dr. Yusron.

Dalam sambutannya mewakili Kepala Dinas Pertanian Pertanian dan Perikanan Ponorogo, Kabid Penyuluhan Drs. H. Wahyu Ari Basuki, M.Si berharap bahwa kegiatan bimtek ini sangat mendukung pembangunan pertanian di Kabupaten Ponorogo. Dinas juga telah memberikan dukungan dengan menugaskan tenaga pendamping yaitu penyuluh pertanian lapang di masing-masing wilayah dan pendamping teknis peternakan untuk komoditas ayam KUB. “Kami siap mendampingi dan berharap program ini bisa berlanjut dan bermanfaat bagi petani peternak”, ujar Wahyu.

Semua hasil litkaji Litbang pertanian harus didiseminasikan agar bermanfaat bagi masyarakat. Tahun 2017-2018 adalah tahun perbenihan dan BPTP Jatim diamanatkan untuk memberikan bimtek perbenihan berbagai komoditas. “ BPTP Jatim selalu siap berkoordinasi dengan dinas dan apabila petani ada permasalahan dan BPTP siap untuk mencarikan solusi ”, terang Chendy dalam sambutannya mewakili kepala badan litbang pertanian kementerian pertanian.

Anggota komisi IV DPR-RI Drs. H. Ibnu Multazam dalam sambutannya justru menekankan bahwa bantuan dari Kementerian Pertanian yang diterima kelompok harus dikelola dengan baik. sehingga bimtek juga bisa menjadi momentum untuk belajar tentang cara bertani serta beternak yang baik dan benar. Pemberian bantuan bibit pullet ayam KUB secara simbolis oleh Kepala BPTP Jatim kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Citra sejumlah 600 ekor sedangkan benih mangga sejumlah 3750 bibit dan Durian sejumlah 1000 bibit dilakukan oleh Drs.H. Ibnu Multazam. Dalam acara bimtek ini juga telah didistribusikan 3000 benih kopi robusta.

Bimtek ini dihadiri oleh narasumber dari Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu) Ir. Rebiin dengan materi budidaya tanaman mangga. Dua orang pemateri dari Balai Penelitian Ternan (Balitnak) yakni Profesor Arnold dan Dr. Hasnelly memberikan pemaparan tentang manajemen pemeliharaan ayam KUB sedangkan topik penetasan Ayam KUB disampaikan oleh Ir. Abu Bakar, MM dari BPTP Jawa Timur. Untuk materi hortikutura dan perkebunan Dr. Sudarmadi Purnama dan Ir. Handoko, M.Sc dari BPTP Jatim masing-masing menyampaikan materi bertani durian di Pekarangan dan penanaman dan pemeliharaan kopi Robusta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *