Rabu, November 21

Bimbingan Teknis Tumpangsari Mendukung UPSUS Pajale di Pamekasan

Pamekasan, 24 Oktober 2018 – Upaya Khusus (UPSUS) peningkatan LTT Pajale terus dilakukan melalui terobosan teknologi rekayasa tanam dengan tumpangsari Pajale yang memperoleh pengawalan dari BPTP Jawa Timur. Kabupaten Pamekasan yang mendapatkan program tumpangsari padi dan jagung seluas 50 ha terdapat di desa Batukerbuy, kecamatan Pasean.

Bantuan benih padi varietas Situ Bagendit dan Jagung varietas BISI 2 telah diterima kelompok taninya, sedangkan pelaksanaan tanamnya menunggu hujan. Sebelum pelaksanaan program tersebut diperlukan pembekalan berupa bimbingan teknis (bimtek) teknologi tumpangsari padi dan jagung sistem tanam rapat. Acara yang dibuka oleh kadistan serta kabid produksi dan kasie tanaman pangan yang dihadiri oleh mantri tani, PPL dan poktan yang terlibat kegiatan tumpangsari sebanyak 60 orang, dengan memakai sarung dan kopiah dalam memperingati Hari Santri Nasional.

Selain pendampingan program tumpangsari, terdapat demplot 1 ha yang disertai pemupukan sesuai rekomendasi di desa Batukerbuy. Narasumber dari BPTP Jatim yaitu Ir. Zainal Arifin, MP menyampaikan secara gamblang disertai diskusi secara aktif bersama seluruh peserta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *