Rabu, Oktober 16

Bimtek Pengolahan Mocaf bagi SMK Pertanian Pendukung Ketahanan Pangan

Malang (28/8/2019) – Dengan adanya perkembangan teknologi pengolahan pascapanen saat ini, ubikayu telah berkembang menjadi komoditas yang memiliki nilai tambah dan tentunya nilai jual lebih dengan diproduksinya mocaf (Modified Cassava Flour), yaitu produk tepung yang diolah dari ubikayu melalui proses fermentasi dalam tahapan pembuatannya sehingga menghasilkan tepung yang lebih baik kualitasnya dibanding tepung cassava maupun tepung gaplek.

Pengetahuan tentang teknologi pengolahan inilah yang diperkenalkan oleh Citra Indra P, M.Sc anggota Tim Pascapanen BPTP Jatim sebagai narasumber kepada siswa Jurusan TPHP SMKN 13 Malang dalam menunjang peran mereka sebagai SMK Pertanian Pendukung Ketahanan Pangan. Adapun materi yang diberikan adalah pemanfaatan komoditas ubikayu menjadi tepung mocaf dan produk olahan yang potensial untuk dikembangkan dan diminati konsumen. Kegiatan ini dilaksanakan di aula SMKN 13 Malang, dibuka oleh Kepala SMKN 13 Malang, Andri Kusdarmanto, M.Pd.

Bimtek diisi dengan paparan terkait ubikayu dan berbagai turunan olahannya termasuk mocaf, serta diperlihatkan tayangan budidaya dan olahan ubikayu baik dalam maupun luar negeri untuk membuka wawasan siswa. Siswa yang hadir mengikuti materi paparan narasumber berjumlah 65 siswa. Sedangkan yang mengikuti praktek pembuatan tepung mocaf dan cookies mocaf sejumlah 25 orang.

Saat ini peran BPTP Jatim dalam menjalankan fungsi edukasi cukup besar, khususnya dalam memberikan pengetahuan dan bimtek bagi siswa yang berkecimpung di bidang pertanian sebagai bekal mereka dalam mempersiapkan calon tenaga pertanian yang berwawasan, trampil, mandiri, dan kreatif melihat peluang pasar untuk dapat mengembangkan usaha pertanian maupun teknologi pengolahan pascapanen pada khususnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *