Rabu, Agustus 22

Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh

SUMENEP(23/03/2018). Tim Bimtek Materi Penyuluhan dan Diseminasi BPTP Jatim 2018 telah melaksanakan sosialisasi kegiatan Kaji Terap dan Bimtek Peningkatan Kapasitas Penyuluh Daerah di Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Kabupaten Sumenep. Acara tersebut dihadiri oleh Kabid Sarpras, KJF, Koordinator POPT, serta Korwil masing-masing kecamatan.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas, Ir. Bambang Heriyanto, MM yang menyampaikan bahwa BPTP Jatim sudah melaksanakan komitmennya dalam menyebarluaskan inovasi teknologi.  Beliau juga mengharapkan semua petugas di kabupaten dan kecamatan lebih merespon dengan baik, terutama yg lokasinya mendapat kegiatan ini.

Sosialisasi disampaikan oleh Tim  BPTP Jatim, Ir. Tini Siniati, MSi selaku Penjab Kegiatan.

Kaji Terap ini adalah salah satu metode yg bertujuan untuk meyakinkan pengguna (petani dan penyuluh lapang) yang ada disekitarnya terhadap teknologi yang diperagakan atau diujicobakan secara langsung di lahan BPP atau petani. Lokasi kegiatan yang semula 1 kecamatan, tahun ini bertambah menjadi 6 kecamatan.

Yaitu untuk kegiatan berbasis padi di kecamatan 4 kec., yaitu Guluk-guluk (10 ha) sebagai study learning centre, Lenteng (5 ha), Ganding (5ha) dan Gaputa (5ha). Inovasi yang diterapkan anatra lain:

  1. Komoditi padi VUB Inpari 16 dan Inpari 42, sistem tanam jarwo, prinsip PHT dan teknologi produksi benih.
  1. Pengembangan bawang merah melalui benih TSS varietas Trisula di BPP Kec. Manding dan Rubaru masing-masing 0,1 ha varietas. Sebenarnya sumenep juga dikenal dengan sentra bawang merah varietas lokal, yaitu Rubaru dan Manjung. Untuk itu berkeinginan untuk mencoba menerapkan melalui TSS.

Bimtek peningkatan  penyuluh daerah rencana akan dilaksanakan dengan pemberian beberapa materi, antara lain materi teknis pertanian tentang padi, teknik dan manajemen memanen air, menyusun karya ilmiah populer dari kaji terap, membuat materi penyuluhan melalui media interaktif, serta materi non teknis seperti menyusun programa, evaluasi programa dan evaluasi kegiatan penyuluhan (Hk)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *