Jumat, Desember 14

Bimtek Produk Olahan Berbasis Jagung

Sumenep – Madura telah dikenal oleh masyarakat luas sebagai salahsatu daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Timur, pun masyarakatnya lazim mengkonsumsi jagung sebagai makanan pokok. Namun seiring berjalannya waktu, kebutuhan masyarakat akan ragam produk olahan berbasis jagung untuk pengembangan industri makanan menjadi sangat penting dalam rangka menggerakkan roda ekonomi perdesaan khususnya bagi masyarakat di Kabupaten Sumenep. Untuk itulah kehadiran Tim Kelti Pascapanen BPTP Jawa Timur sangat dirasakan manfaatnya dalam mensukseskan diversifikasi pangan jagung di wilayah tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Manding Timur, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep, pada hari Rabu, 10 Oktober 2018. Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan industri olahan jagung di perdesaan untuk meningkatkan nilai tambah komoditas jagung di daerah Sumenep.

Acara dibuka oleh Kasi Pengolahan Hasil Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan Kab Sumenep (Ibu Rusnani), juga dihadiri oleh Koordinator BPP Kec Manding danĀ  beberapa PPL daerah terkait. Dalam bimtek tersebut, peneliti BPTP Jawa Timur yang menjadi narasumber adalah ibu Ir. S.S. Antarlina. MS, ibu Ir. Sri Harwanti, dan Bpk. Jumadi, diikuti oleh kurang lebih 9 kelompok tani dan kelompok wanita tani lingkup Kecamatan Manding sejumlah 35 peserta. Antusiasme peserta sangat terlihat dalam mempraktekkan berbagai olahan berbasis jagung.

Sebelumnya dilakukan presentasi terkait potensi komoditas jagung dilanjutkan dengan praktek pembuatan produk olahan, diantaranya adalah minuman sari jagung, tepung jagung, kerupuk jagung, kaastengel, brownies kukus, onde2 ketawa, stick jagung, dan tortilla jagung.

Peserta bimtek menyambut baik kegiatan ini karena peserta dapat mengambil manfaat dari Bimtek ini. Peserta berterimakasih kepada Tim Kelti Pascapanen BPTP Jawa Timur karena telah membuka wawasan peserta tentang beraneka ragam olahan jagung yang diminati konsumen. Semoga kedepan akan lebih banyak lagi variasi makanan yang dihasilkan dari BPTP Jawa Timur dalam melaksanakan bimbingan lanjutan di seluruh daerah di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *