Sabtu, Desember 7

BPTP Balitbangtan Jatim serahkan Bibit Mangga Garifta Merah kepada Divisi II Kostrad Singosari

Karangploso (11 Nov 2019) – Dalam rangka mendukung gerakan optimalisasi lahan di lingkungan wilayah kerja Divisi II Kostrad Singosari, BPTP Balitbangtan Jawa Timur menyerahkan bibit mangga Garifta Merah. Penyerahan bibit mangga ini sebagai salah satu wujud implementasi kerjasama yang selama ini telah dibangun oleh Kementerian Pertanian dengan TNI AD, khususnya dalam hal perberdayaan lahan yang belum optimal, antaralain lahan pekarangan, lahan-lahan peri-urban, karangkitri, dll. Pada tahap awal ini baru diserah-terimakan sejumlah 250 batang atau setara dengan luasan sekitar 2 Ha kebun mangga Garifta Merah.

Diutarakan oleh perwakilan dari Divisi II Kostrad, bahwa lingkungan Mako maupun asrama dan wilayah sekitarnya di Divisi II Kostrad terus berbenah diri dalam melakukan pemanfatan lahan dengan penanaman tanaman buah varietas lokal yang dapat menghasilkan dan menguntungkan khususnya bagi anggota dan masyarakat sekitarnya.

Adapun Penjab Kegiatan Pembibitan Mangga BPTP Jatim menyampaikan bahwa Mangga varietas Garifta Merah memiliki penampilan yang sangat menarik dengan warna kulit ungu-kemerahan. Untuk produksi buah rata-rata mencapai 62 kg/pohon/tahun. Selain itu rasa buahnya manis segar dan aromanya harum. Keunggulan mangga varietas ini diantaranya dapat beradaptasi baik pada lingkungan pekarangan, pembentukan buahnya banyak, dan sangat baik pada ketinggian 1 – 500 mdpl.

Selain itu, buah mangga varietas ini memiliki kandungan air 83,1 – 86%, porsi daging buah yg dapat dikonsumsi sekitar 87,5 % , kandungan vitamin C tinggi 45,5 mg/100 g, kandungan gula 15,5 o brix, dan kadar asam 0,21%. Kandungan vit C yang tinggi tersebut dalam 2 butir buah mampu menggantikan asupan harian kebutuhan vit C tubuh.

Diharapkan kerjasama yang terjalin melalui penyerahan bibit tanaman buah ini terus berlanjut bertambah luas sehingga kontribusi BPTP Balitbangtan Jatim tidak hanya bagi konsumen pertanian saja, melainkan juga bermanfaat dalam menambah kenyamanan lingkungan bagi seluruh masyarakat di wilayah yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *