Rabu, November 21

BPTP JATIM Gelar Bimtek Tumpangsari Serentak di Kabupaten Nganjuk dan Tuban

Selasa, 23 Oktober 2018. Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan produksi Pajale, Hari ini BPTP Jatim melaksanakan kegiatan Bimtek teknologi tumpangsari Pajale serentak di 2 Kabupaten, yaitu Kabupaten Nganjuk dan Tuban. Di Kabupaten Tuban, kegiatan dilaksanakan di Balai Desa Ngimbang, Kec. Palang Kab. Tuban

sedangkan di Nganjuk Bimtek dilaksanakan di ruang pertemuan Diperta Nganjuk. Sebagai peserta Bimtek adalah PPL, Mantri tani dan kelompok tani yang akan terlibat dalam program pengembangan tumpangsari.

Dihadapan 60 orang peserta, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tuban, Murtadji., S.Pi., MM menyampaikan bahwa kegiatan tumpangsari ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan produktivitas Pajale di Kabupaten Tuban. Selaras dengan hal itu, kepala BPTP Jawa Timur Dr. Chendy Tafakresnanto berharap agar program pertanian dari pusat bisa dirasakan oleh petani di Jawa Timur. Untuk itu, teknologi tumpangsari tanam padi-jagung dengan sistem rapat diharapkam dapat meningkatkan produksi tanaman juga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

Di Kabupaten Nganjuk, rapat dibuka oleh Kabid Tanaman Pangan Diperta Nganjuk Sarno, SP. Dalam sambutannya beliau menekankan supaya petani yang sudah mendapatkan bantuan benih agar melaksanakan kegiatan sesuai prosedur dan teknologi yang benar. Pemateri dari BPTP Jatim menyampaikan materi teknis budidaya tumpangsari Pajale dengan sistem tanam rapat.

Melalui Bimtek ini, diharapkan petani dapat mengadopsi sistem tanam tumpangsari tersebut dengan aplikasi penanaman sesuai dengan kondisi lahan.

Tahun ini, program tumpangsari di Kabupaten Nganjuk seluas 145 hektar dan di Kabupaten Tuban seluas 40 hektar. Terkait program tumpangsari ini, BPTP Jatim ditugaskan mendampingi kegiatan pengembangan tumpangsari Pajale baik dalam pengawalan teknologi maupun pendampingan dalam bentuk demplot Tumpangsari Pajale dengan fasilitasi dari BPTP Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *