Rabu, November 21

BPTP Jatim Gembleng Korwilnya dengan Pemahaman Sumber Daya Lahan Pertanian

Malang, 25 Oktober 2018 – Dalam rangka meningkatkan kapasitas Koordinator Wilayah (Korwil), BPTP Jawa Timur menyelenggarakan bimbingan teknis bagi Korwil yg selama ini menjalankan tugasnya sebagai duta BPTP dalam fungsi koordinasi maupun pendampingan kegiatan di seluruh Kab/Kota di Jawa Timur. Bimtek dibuka secara langsung oleh Kepala BPTP Jatim, Dr. Ir. Chendy Tafakresnanto, MP.

Dalam acara ini, Professor M. Cholil memaparkan tugas pokok dan tanggung jawab korwil di daerah sebagai mana telah ditetapkan melalui surat keputusan Kepala BPTP. Hal ini menjadi penting dalam memastikan kinerja Korwil tetap optimal dalam menjalankan tugasnya sesuai tuntutan Balai.

Bimtek ini juga dihadiri oleh narasumber dari Balai Penelitian Tanah, Dr. Sri Rochayati. M.Sc yang menerangkan tentang rekomendasi pemupukan spesifik lokasi. Sebelumnya, Kepala BPTP Jatim juga memberikan pembekalan tentang pentingnya pemahaman sumber daya lahan untuk pengembangan pertanian yang dilanjutkan dengan praktek penggunaan software AVENZA MAP untuk mengidentifikasi kondisi pertanaman di lokasi secara spasial.

Saat ini BPTP Jatim sedang menyusun aplikasi sistem informasi spasial yg tidak hanya menampilkan peta kesesuaian lahan melainkan juga sebagai alat bantu pengambilan keputusan (decision tool) dalam pemaanfaatan sumber daya lahan pertanian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *