Kamis, Oktober 18

BPTP Jatim Tingkatkan IP Pajale Kabupaten Sampang

Sampang, 20 September 2018 – Mendukung program swasembada pangan Nasional, BPTP Jatim melaksanakan kegiatan peningkatan Indeks Pertanaman (IP) Pajale di Kabupaten Sampang. Melalui pendampingan teknologi telah berhasil meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) pada areal seluas 25 ha di Desa Panyepen Kecamatan Jrengik Kabupaten Sampang.

Sebagai tindak lanjut kegiatan, hari ini telah dilaksanakan temu lapang Inovasi teknologi peningkatan IP Pajale. Acara dihadiri oleh Ka. BPTP Jatim, Sekretaris Diperta Sampang, Camat, Koramil, PPL, Mantri Tani, peneliti BPTP dan Kelompok Tani.

Dalam sambutannya Ka. BPTP Jatim, Dr. Chendy Tafakresnanto menyampaikan ” Petani saat ini harus bisa mengoptimalkan pemanfaatan Sumberdaya Lahan dan Sumberdaya Air di lokasinya, air yang ada jangan dibiarkan begitu saja terbuang ke laut “. Pemerintah telah banyak memberikan fasilitasi terkait dengan optimalisasi sumberdaya air diantaranya dengan pembangunan infrastruktur air, sarana irigasi dan pompanisasi.

Dalam kegiatan pendampingan ini, BPTP Jatim telah melakukan pembinaan kelembagaan, pengenalan inovasi dan memberikan stimulan agar petani mau tanam dimusim kemarau yang biasanya bero. Masyarakat begitu antusias melaksanakan kegiatan ini, dapat dilihat dari besarnya partisipasi masyarakat dalam membangun sarana pengairan supaya dapat terus tanam dimusim kemarau, hasilnya melalui swadaya masyarat telah diselesaikan pipanisasi sepanjang 500 meter maupun pembuatan rumah pompa untuk melengkapi fasilitas sumur bor dan pompanisasi yang telah difasilitasi pemerintah sebelumnya.

Dengan upaya tersebut, lahan seluas 25 ha dapat diairi dan ditanam jagung pada MK I ini dan diharapkan dapat berlanjut pada MK II yang akan datang. Dalam kegiatan ini BPTP Jatim juga mengenalkan varietas unggul jagung Balitbangtan hibrida Bima 20 yang toleran kekeringan serta Jagung komposit varietas Sukmaraga, Lamuru dan Srikandi Kuning.

Dalam kesempatan ini, penanggung jawab kegiatan peningkatan IP, Prof. Suyamto mengucapkan banyak terima kasih atas kerjasama yang baik petugas pertanian setempat dalam mendukung kegiatan ini. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut dan berkembang melalui dukungan stake holder terkait lainnya baik Diperta, TNI, maupun pemerintahan desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *