Rabu, Oktober 16

Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan Safari Panen Raya Jagung

PASURUAN, (suarajatimpost.com) – Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan adakan sosialisasi Safari penen raya dengan melibatkan seluruh ketua kelompok tani di Kecamatan Wonorejo.

Sabtu (10/11/2018), bertempat di Desa Kluwut, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, acara dilaksanakan dengan melibatkan seluruh ketua kelompok tani yang berada di Kecamatan Wonorejo.

Acara yang bertemakan “Safari Panen Raya Jagung” dihadiri oleh Wakil Bupati Pasuruan, Gus Mujib, Kepala Dinas Pertanian, M.Ihwan, dan beberapa perwakilan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur.

Safari yang dilaksanakan merupakan program Kementrian Republik Indonesia mengenai panen raya serempak di seluruh Jawa Timur, untuk meningkatkan produktifitas dengan pemakaian variatas yang unggul.

Tak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di Desa Kluwut, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, bahkan acara juga diharapkan agar hasil para petani dapat berdaya saing dan mempunyai nilai jual yang lebih.

“Bangga dengan para petani yang ada di Kabupaten Pasuruan, khususnya di Desa Kluwut, Kecamatan Wonorejo, yang sudah berhasil menanam jagung di tanah yang seluas 200 Hektar. Berharap petani lebih kompak sehingga dapat berdaya saing dari wilayah-wilayah lainnya,” terang Gus Mujib, Wakil Bupati Pasuruan.

Adanya safari panen raya jagung tak hanya melakukan sosialisasi terhadap para petani yang ada pada Desa tersebut.

Acara yang dilaksanakan juga tak luput dari adanya waktu untuk tanya jawab terhadap para petani yang mengikuti acara tersebut, yang diharapkan agar aspirasi para petani dapat tertampung dan segera diselesaikan oleh Dinas atau pihak terkait.

Namun, pada akhir acara, seluruh pihak terkait bahkan seluruh perwakilan dari para petani turut serta ikut memanen jagung yang sudah disiapkan oleh penyelenggara sebelumnya.

“Acara panen raya jagung yang dilaksanakan memang secara serentak dilakukan di Jawa Timur. Bahkan di Kabupaten Pasuruan, tepatnya di Desa Kluwut, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, mempunyai lahan pertanian dan hasil panen jagung yang terbesar, yang perhektarnya bisa memanen hingga 6 ton,” terang M.Ihwan, Kadis Pertanian Kabupaten Pasuruan.

Adanya moment memetik hasil panen yang dilakukan oleh para petani dan para pihak terkait, menjadikan suatu simbol kebersamaan untuk bersatunya para petani, sehingga diharapkan dapat secara kompak memajukan hasil pertanian mereka.

Sumber: http://www.suarajatimpost.com/read/18400/20181110/130320/dinas-pertanian-kabupaten-pasuruan-safari-panen-raya-jagung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *