Rabu, Oktober 16

Diperta Kab.Pasuruan Kunjungi OPAL BPTP Jatim

BPTP Jawa Timur, 9 Agustus 2019 – Setelah kunjugan dari Diperta Kab. Pandeglang, kali ini kegiatan Obor Pangan Lestari (OPAL) BPTP Jatim dikunjungi oleh rombongan dari Dinas Pertanian Kab. Pasuruan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Ir. Yetty Purwaningsih, MMA. Kunjungan ini dalam rangka study banding tata kelola pemanfaatan lahan perkantoran menjadi areal produktif sumber pangan. Berbagai macam sayuran, buah dan tanaman pangan dibudidayakan di lahan BPTP Jatim dengan mengacu pada rekomendasi teknologi Balitbangtan. Hal inilah yang menarik minat Diperta Kab. Pasuruan untuk melihat langsung dan belajar mekanisme pengelolaan lahan untuk dapat diterapkan di wilayahnya. Didampingi oleh tim OPAL BTPT Jatim, rombongan dari Diperta Pasuruan mendapatkan penjelasan tentang teknologi budidaya tanaman yang diterapkan di lahan BPTP Jatim.

Selain mengunjungi kegiatan OPAL, Diperta Kab. Pasuruan juga menyempatkan berdiskusi tentang upaya peningkatan produktivitas padi dan jagung dengan memanfaatkan informasi sumberdaya lahan berbasis spasial. Kepala BPTP Jatim, Dr. Chendy Tafakresnanto memberikan penjelasan bahwa untuk menerapkan precision farming diperlukan data yang akurat terkait potensi sumber daya lahan berbasis spasial data, gap produksi antara potensi dan kondisi eksisting harus dikejar dengan menerapkan teknologi rekomendasi spesifik lokasi.

Terkait dengan informasi spasial sumberdaya lahan di Kab. Pasuruan, dalam kesempatan ini Kepala BPTP Jatim menyerahkan “Atlas Peta Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Berbasis Sumberdaya Lahan di Kabupaten Pasuruan” sebagai salah satu rujukan informasi dalam upaya peningkatan produktivitas padi dan jagung di Kab. Pasuruan. Dalam kesempatan ini juga diserahkan buku petunjuk pengendalian hama ulat tentara pada tanaman jagung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *