JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Kunjungan Kerja Kepala Badan Litbang Pertanian bersama Komisi IV DPR-RI di Trenggalek dan Ponorogo

Pin It

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian bersama anggota Komisi IV DPR-RI, Drs. H. Ibnu Multazam melakukan kunjungan kerja di 2 Wilayah di Jawa Timur (Trenggalek dan Ponorogo) pada tanggal 25 Agustus 2017. Kunjungan kerja ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi sekaligus apresiasi kinerja diseminasi inovasi teknologi pertanian yang telah dihasilkan oleh Badan Litbang Pertanian. Adapun agenda inti kunjungan kerja di Kabupaten Trenggalek meliputi: panen bersama menggunakan combine harvester yang berlokasi di Desa Ngadirejo, Kec. Pogalan dan penjaringan aspirasi/umpan balik dari petani terkait kendala dan hambatan dalam penggunaan alat dan mesin pertanian baik combined harvester maupun jarwo transplanter.

Dalam sambutannya, Bupati Trenggalek menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Kementerian Pertanian khususnya kepada Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur yang telah memberikan pendampingan inovasi teknologi pertanian melalui pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Kabupaten Trenggalek yang diharapkan mampu menjadi sarana edukasi dan informasi bagi petani dan masyarakat Trenggalek. Sementara itu, Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP), Dr. Haris Syahbuddin, DEA juga menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Trenggalek yang telah berupaya keras memajukan sektor pertanian dan perkebunan di wilayahnya melalui sentuhan inovasi teknologi. Beliau menambahkan pula pentingnya kehadiran TTP sebagai locus awal pengembangan pertanian organik yang terintegrasi dengan subsektor peternakan. Hal ini penting untuk diwujudkan mengingat populasi sapi perah yang menjadi komoditas penting selain perkebunan dan tanaman pangan.

Rangkaian awal kunjungan  kerja di Kabupaten Ponorogo ditandai dengan pelaksanaan tanam padi bersama menggunakan Indojarwo Transplanter yang berlokasi di Desa Polorejo, Kab Ponorogo. Wakil Bupati Ponorogo yang turut hadir dalam acara ini ini menyampaikan bahwa penggunaan alat dan mesin pertanian dinilai penting dalam menumbuhkan apresiasi dan minat masyarakat muda untuk menggeluti usaha pertanian. Dalam kunjungan ini juga dibahas beberapa capaian komoditas unggulan daerah dan produktivitas komoditas pertanian yang diharapkan mampu bersinergi dengan program strategis Kementerian Pertanian. Kunjungan kerja Kepala Badan Litbang bersama Komisi IV di dua lokasi ini juga diisi dengan pemberian bantuan benih padi Inpari-30, bibit cabe serta mesin tetas beserta telur tetas ayam Kampung Unggulan Badan Litbang Pertanian (KUB). Bantuan ini bertujuan untuk memperderas arus inovasi teknologi Ayam KUB dan Varietas Unggul Baru (VUB) padi sawah. (FA)