JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jatim 2017

Pin It

Geliat upaya pencapaian program ketahanan pangan nasional melalui produksi benih/bibit tanaman pangan sebagai salah satu prioritas kegiatan Kementerian Pertanian telah terasa wujudnya di Jawa Timur. Pelaksanaan gelar inovasi teknologi perbenihan tanaman pangan dan hortikultura yang diselenggarakan pada tanggal 3 Oktober 2017 menjadi salah satu buktinya. Gelar inovasi teknologi perbenihan yang berlokasi di Desa Banjarsari Kec. Bandarkedungmulyo Kab. Jombang ini dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur yang diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Dr. Ir. H Fattah Jassin, MS, Bupati Jombang, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Kepala BPTP Jawa Timur, Kepala Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) serta segenap Musyawarah Pimpinan Daerah (MUSPIDA) Kabupaten Jombang.

Rangkaian acara gelar inovasi teknologi perbenihan terdiri dari: (1) pameran 72 macam varietas tanaman pangan serta 237 macam varietas tanaman hortikultura dan (2) display produk unggulan daerah dari beberapa Kabupaten di Jatim. Gubernur Jatim dalam sambutannya menyampaikan bahwa provinsi Jatim bertekad untuk menjadi motor penggerak agroekonomi ASEAN sebagaimana telah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 25 Tahunan. Oleh karena itu, perlu upaya peningkatan daya saing sektor pertanian yang berbasis pada pemberdayaan Gapoktan baik dari sisi off-farm maupun on-farm. Beliau menambahkan bahwa potensi ekonomi Jatim sebagai kontributor tertinggi produk domestik bruto nasional didukung oleh sektor industri, perdagangan dan pertanian perlu diwujudkan dalam bentuk agro-industri. Namun demikian, beberapa hambatan kedepan yang nyata dan harus diantisipasi terutama menyangkut alih fungsi lahan pertanian.

Asisten Bupati Jombang dalam sambutannya mengemukakan perlunya memotivasi petani untuk mengadopsi teknologi yang berimbas positif terhadap kesejahteraan petani. Menanggapi hal tersebut, BPTP Jawa Timur pun telah berkomitmen untuk mendukung dengan menyelenggarakan sosialisasi inovasi teknologi yang dihasilkan Badan Litbang Pertanian dalam bentuk pelatihan budidaya tanaman pangan yang dijadwalkan pada tanggal 4 Oktober 2017. Pelatihan ini akan diisi oleh Narasumber dari BPTP Jatim (Prof. Suyamto) dengan jumlah alokasi peserta sebanyak 200 orang petani di Kabupaten Jombang. Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan outcome terhadap peningkatan produktivitas tanaman pangan dan Indeks Pertanaman (IP) tanaman pangan.