JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

JANGAN LUPA 2. Mujahir, ternyata Ikan Air Laut dari Afrika

Pin It

Manusia memanfaatkan alam. Alam punya caranya sendiri untuk mempertahankan dirinya. Interaksi keduanya bisa berujung pada maslahat abadi atau kemusnahan

 

Tidak banyak orang tahu, bahwa ikan Mujahir (Oreochromis mossambicus)  yang lezat itu ternyata bukan ikan air tawar dan bukan asli Indonesia, melainkan dari benua Afrika pula. Bagaimana ceritanya, sampai kini masih misteri.

Sebuah versi menyebutkan, bahwa ikan Mujahir diberi nama dari penemunya, yaitu Pak Mujahir, seorang Bapak dari Blitar. Asal muasalnya dimulai dari kebiasaan beliau melakukan tirakat, mandi di muara Sungai Serang, Blitar, setiap satu Syuro. Suatu saat dilihatnya sekelompok ikan yang menarik perhatian dan menurutnya tampak nyleneh (Jawa: berbeda dari yang lainnya).

Dengan menggunakan kain ikat kepalanya, dijaringnya ikan-ikan itu dan dibawanya pulang. Singkat cerita,  baru pada percobaan kesebelas Pak Mujahir berhasil membiakkannya dengan sukses. Peristiwa itu terjadi sekitar tahun 1939. Versi lain menyebutkan 25 Maret 1936.

Ikan itu akhirnya diberi nama sama dengan penemunya, Pak Mujahir, sebagai pengharagaan yang diberikan oleh Residen Belanda dari Kediri. (SH)