Jumat, Desember 14

Kunjungan Siswa SMA Hang Tuah Sidoarjo ke BPTP Jawa Timur

Malang, 1 Oktober 2018 – Sejumlah 73 orang siswa SMK Hang Tuah Sidoarjo didampingi oleh 4 orang guru berkunjung ke BPTP Jawa Timur untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan tentang berbagai hal seputar pertanian, diantaranya adalah budidaya jamur tiram, dan praktek membuat olahan jamur yaitu mie jamur tiram, sehingga siswa diharapkan dapat memperoleh gambaran tentang budidaya dan pengolahan pasca panen jamur tiram tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, siswa dengan antusias mencoba mempraktekkan pembuatan media tanam bagi jamur dan budidaya jamur yang disampaikan oleh Ibu Sri Zunaini dari KSPP, dan praktek pembuatan mie jamur yang disampaikan oleh Ibu Rini Yogiastuti, SP.

Kegiatan ini diharapkan akan menumbuhkan ketertarikan siswa untuk mengembangkan bidang pertanian dalam segala aspek, baik sumber daya, budidaya, pasca panen ataupun sosial ekonomi pertanian. Selain itu juga siswa diberikan pemahaman dalam proses pembuatan mie jamur sehingga menjadi alternatif makanan yang ditambahkan kandungan gizi dari jamur tiram (difortifikasi) untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh kita.

Seperti diketahui anak-anak kita memiliki kecenderungan untuk tidak menyukai sayur khususnya sayur hijau, sayur putih, jamur dan buah2an. Untuk itu berbagai pasta sayur atau buah dapat dimasukkan dalam adonan mie untuk memberi nilai tambah bagi mie itu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *