Sabtu, Desember 7

Kunjungi BPTP Jatim, Poktan Desa Binaan Belajar Komoditas Hortikultura dan Ternak

Karangploso,14/10/2019. Hari ini Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur mendapat kunjungan dari kelompok tani (Poktan)“Mekarsari” Dusun Manggisari Desa Bocek, Kecamatan Karangploso. Kunjungan Poktan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen petani di Desa Bocek untuk aktif dalam pembinaan yang diberikan BPTP Jatim.

Kepala BPTP Jatim Dr. Chendy Tafakresnanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPTP Jatim terus memberikan dukungan kepada petani terutama di wilayah sekitar kantor BPTP dalam bentuk pendampingan desa binaan.

Kunjungan ke BPTP Jatim oleh sejumlah 32 orang ini juga diisi penyampaian materi tentang pengendalian hama dan penyakit pada cabai oleh Ir. Diding Rahmawati serta manajemen pemeliharaan ayam Kampung Unggul Badan Litbang Pertanian (KUB) oleh Indra Bagus Raharjo, SST,M.Sc.

Penyampaian kedua materi tersebut pun di rasakan manfaatnya bagi petani karena saat ini poktan Mekarsari sedang mencoba menanam cabai besar varietas Ciko Yang merupakan varietas unggulan Yang dihasilkan oleh Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa). Sehingga, pengetahuan tentang pengendalian hama penyakit tanaman cabai besar pun sangat dibutuhkan oleh petani.

Dukungan pendampingan bagi desa binaan oleh BPTP Jatim tidak hanya dalam komoditas hortikultura melainkan juga tanaman pangan, perkebunan dan peternakan. “Semua peneliti-penyuluh dari berbagai disiplin ilmu telah kami tugaskan dalam memberikan pembinaan bagi Desa Bocek sebagai binaan kami.” ujar Kepala BPTP Jatim.

Diakhiri kunjungannya, rombongan meninjau berbagai fasilitas yang ada antara lain: Kebun percobaan, kandang ternak unggas dan ruminansia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *