Selasa, Agustus 21

Laboratorium Pasca Panen

Laboratorium BPTP Balitbangtan (Instalasi Laboratorium Pascapanen) merupakan pelaksana teknis dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Balitbangtan Jawa Timur, Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian.

 Tugas utama dari laboratorium ini adalah melaksanakan pengkajian di bidang penanganan pascapanen dan pengolahan hasil terhadap semua komoditas hasil pertanian, yaitu tanaman pangan, hortikultura, dan peternakan. Pengguna adalah peneliti dari BPTP Balitbangtan Jawa Timur, peneliti dari luar BPTP Balitbangtan Jawa Timur, dan  mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhir.

Laboratorium memberikan berbagai pelayanan antara lain:

  1. Melayani permintaan narasumber pada pelatihan dari Instansi lain, Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani (KWT), PKK, organisasi lainnya, dan
  2. Menerima konsultasi bidang penanganan pascapanen dan pengolahan hasil semua komoditas pertanian.
  3. Menerima siswa PKL dan mahasiswa magang kerja, serta mahasiswa penelitian secara mandiri (biaya sendiri) atau mahasiswa penelitian mengikuti kegiatan BPTP Balitbangtan Jawa Timur.
  4. Menerima permintaan peminjaman alat untuk penelitian para mahasiswa.
  5. Menerima pembimbingan penelitian siswa dan mahasiswa yang dilaksanakan di Laboratorium Pascapanen, BPTP Balitbangtan Jawa Timur.

Jenis Pengujian

Laboratorium Pascapanen BPTP Balitbangtan Jawa Timur dapat melakukan pengujian/analisis terhadap bahan uji/sampel sebagai berikut: kadar air (metode oven), kadar abu (muffel furnace), warna (colorimeter), vitamin C (spektrometer), total asam (titrasi), dan pH (pH meter).