Sabtu, Desember 7

Lanjutkan UPSUS SIWAB, BPTP Jatim Berikan Bimtek Di Jember

(Jember, 30/10/2019). Pencapaian Swasembada daging sapi melalui peningkatan populasi sapi di Indonesia terus dilakukan. Kementerian Pertanian pun telah melakukan Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB).

Peningkatan populasi ternak dilakukan dengan intensifikasi IB, dukungan pelayanan Kesehatan reproduksi teknologi pakan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur sebagai UPT Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pun turut mendukung UPSUS SIWAB melalui pendampingan teknologi reproduksi dan pakan.

Selama dua hari, BPTP Jatim menggandeng Loka Penelitian Sapi Potong (LOLITSAPO) menggelar bimbingan teknis sinkronisasi birahi dan demonstrasi pembuatan pakan konsentrat flushing yg bertempat di Kelompok Peternak Sapi “Margo Rukun” di Desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Acara bimtek dihadiri oleh anggota kelompok didampingi oleh tenaga keswan dan Asisten Teknis Reproduksi. Penyampaian materi bimtek tentang sinkronisasi birahi sapi oleh Drh. Dicky M. Dickman dari LOLITSAPO dan pembuatan konsentrat oleh Indra Bagus Raharjo,SST,.M.Sc.

Pendampingan UPSUS SIWAB di kelompok ini juga dilakukan dalam bentuk fasilitasi benih hijauan pakan Indigofera. Benih tersebut saat ini sudah ditanam sebagai sumber hijauan. Uniknya, penanaman hijauan Indigofera ini juga dilakukan di kawasan milik perhutani karena sebagian besar anggota kelompok ini juga merupakan masyarakat pemangku kawasan hutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *