Sabtu, Desember 7

LTT Dan Penerapan Inovasi Teknologi, Menigkatkan Hasil Produksi

Berbagai upaya telah dilaksanakan pemerintah untuk dapat meningkatkan produksi pangan nasional. Melalui Program UPSUS Pajale, Kementan terus berupaya mengungkit produksi pangan baik melalui peningkatan Luas Tambah TanamĀ ( LTT), dukungan inovasi teknologi dan peningkatan Indeks Pertanaman.

Senada dengan hal tersebut, Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Pamekasan, Dra. Lisa Widyawati, M.Si menyampaikan bahwa upaya peningkatan LTT harus didukung dengan penerapan teknologi agar dapat meningkatkan produktivitas Pajale di Kab. Pamekasan. Beliau berharap kehadiran BPTP Jatim sebagai Penjab UPSUS di Kab. Pamekasan dapat menyampaikan update informasi teknologi pertanian kepada stake holder terkait di Kab. Pamekasan. Arahan ini beliau sampaikan saat membuka acara Rapat Koordinasi UPSUS mendukung Percepatan LTT dan Optimalisasi Alsintan di Kab. Pamekasan (kamis, 17/10/2019).

Rakor juga dihadiri oleh Pasiter 0826, PUPR, BPTP Jatim, PPL, Mantri Tani dan Danramil masing-masing Kecamatan. Jumlah peserta 59 orang.

Pasiter Kodim 0826 menyampaikan, sampai saat ini TNI masih terus mendukung dan bahkan harus semakin aktif bersama dengan petugas untuk mencapai target LTT. Salah satu bentuk dukungan TNI yaitu Kodim mengusulkan pembangunan embung di Kecamatan Pelengaan yang disetujui oleh Bupati dan rencananya akan dilaksanakan awal tahun 2020.

Sebagai inti acara BPTP Jatim selaku PJ Kabupaten Pamekasan melaksanakan sinkronisasi data LTT dan penyusunam prognosa periode Oktober-Desember. Hasil pembahasan prognosa diperoleh angka LTT periode Oktober-Desember Padi 14.437 ha, Jagung 30.927 ha. Prognosa Padi cenderung Stabil dibanding tahun sebelumnya, untuk komiditas Jagung diprediksi ada peningkatan LTT sekitar 400 ha. Dalam Rakor ini juga dibahas hal-hal terkait Optimalisasi Alsintan di Kabupaten Pamekasan. Diharapkan Alsintan bantuan dari Pemerintah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani. Selain itu dilaksankan koordinasi terkait sistem pelaporan pemanfaatan Alsintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *