Jumat, Desember 14

Lumajang Gandeng Peneliti BPTP JATIM Dalam Pelatihan Olahan Makanan Berbasis Jamur Tiram

LUMAJANG.Dalam rangka pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat, Dinas Perdagangan Kabupaten Lumajang mengadakan pelatihan kemampuan dan keterampilan bagi industri kecil tentang olahan berbahan baku jamur tiram.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pendopo Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Pelatihan berlangsung selama 2 hari (9-10 Oktober 2018) diikuti oleh 30 orang peserta. Adapun narasumber dari BPTP Jawa Timur dalam pelatihan tersebut adalah Lailatul Isnaini, STP dan Ericha Nurvia A, STP. Materi dan praktek yang disampaikan antara lain cara membuat olahan tepung jamur tiram, nugget jamur tiram, cookies jamur tiram, cake jamur tiram, bakso jamur tiram, stick jamur tiram, mie jamur tiram dan kerupuk jamur tiram.

Saat ini Kecamatan Klakah sudah memiliki kelompok tani yang membudidayakan jamur tiram, yaitu Kelompok Petani Jamur Tiram (KPJT) “Manut” yang diketuai oleh Bpk. Agus. Kelompok tersebut dibagi menjadi dua unit kerja, yaitu unit produksi budidaya dan unit produksi olahan.

Unit produksi budidaya terdiri dari bagian pembuatan baglog (bibit jamur tiram), bagian budidaya hingga pemasaran jamur tiram segar. Perlu diketahui bahwa setiap bulannya, unit pembuatan baglog membuat sekitar 2000-4000 baglog untuk menyuplai 5 kelompok tani yang ada. Sedangkan untuk unit pengolahan jamur tiram dihasilkan nugget, lumpia, abon, bakso dan siomay dari bahan dasar jamur tiram yang dikerjakan oleh KWT dari 5 desa.

Hasil olahan jamur tiram tersebut kemudian dipamerkan/didisplay pada outlet rumah jamur tiram yang berlokasi strategis, yaitu di Jl. Raya Klakah, Kecamatan Klakah. Hingga saat ini, produksi olahan terbesar adalah bakso dan abon jamur tiram yang pemasarannya sudah menembus pulau Kalimantan dan Madura. Adapun kendala yang dihadapi dalam unit produksi olahan adalah belum adanya alat pencacah abon jamur tiram, dimana proses pencacahan masih dilakukan secara manual dengan ulekan.

Terkait dengan perbaikan kualitas dari produk yang dihasilkan oleh kelompok tani tersebut, peneliti BPTP Jatim berupaya untuk memperbaiki komposisi olahan nugget dan bakso produksi mereka sehingga memiliki kualitas yang lebih baik dan lebih bergizi.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan industri jamur tiram berskala kecil-menengah di Kecamatan Klakah yg telah dikenal sebagai penghasil jamur tiram terbesar di Kabupaten Lumajang ini dapat berkembang dan menghasilkan produk olahan jamur tiram yang memiliki nilai jual dan berkualitas tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *