Rabu, Agustus 22

Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik melalui Bimtek Pengelolaan Informasi Publik

BATU-Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, Kementerian Pertanian menggelar acara bimtek pengelolaan informasi publik. Acara berlangsung selama 3 hari (29-30 juni 2018) di Spencer Green Hotel, Batu. Sebanyak 62 petugas PPID (Pengelola Pelayanan Informasi dan Dokumentasi) UK/UPT Kementerian Pertanian hadir dalam acara tersebut, salah satunya petugas PPID BPTP Jatim.

Acara Bimtek di buka oleh Sekretaris Jenderal Kementan Ir. Syukur Irwantoro, M.S, M.B.A. Turut hadir dalam acara Karo Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri, SP, M.Agr, Ph.D dan Kapuslitbanghorti Kementan Dr. Hardiyanto.

“Bekerja saja tidak cukup, tapi juga harus disampaikan apa hasil yg kita kerjakan kepada publik” arahan Sekjen Kementan dalam sambutannya. Bapak Sekjen menekankan wajib bagi UK/UPT untuk menyampaikan informasi terkait hasil seluruh kegiatan UK/UPT kepada masyarakat sebagai bentuk pelayanan publik.

Bimtek di kemas dengan sangat menarik, peserta tidak hanya mendapatkan materi pelajaran di kelas tapi juga praktek langsung mengelola aplikasi portal PPID. Sebanyak 4 Materi, disampaikan dalam acara bimtek yaitu: (1) Peningkatan dan penguatan tugas dan fungsi PPID dalam strategi menjawab permohonan informasi publik dan proses penanganan sengketa, (2) Standarisasi manajemen dan jejaring informasi kementerian pertanian, (3) Sinergitas penyebaran informasi publik melalui media sosial dan (4) Website dan keterbukaan informasi publik.

Bimtek ini ditujukan untuk menyatukan arah dan tujuan pelayanan infomasi publik kementan agar tingkat kepuasan masyarakat terhadap kementan meningkat. Karo humas dan informasi publik mentargetkan tahun 2018 PPID Kementan menempati posisi ke 4 di lingkup Kementerian, karena ditahun sebelumnya PPID Kementan berada di posisi ke 7.

Acara bimtek di akhiri dengan field trip ke Balitjestro. Dimana peserta diajak untuk mengunjungi kebun jeruk balitjestro. Dalam acara field trip dijelaskan mengenai berbagai macam teknologi budidaya jeruk yg telah dilakukan Balitjestro yang bisa menghasilkan buah jeruk dengan panen berlimpah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *