Rabu, Oktober 16

Monev Poknak “Margo Rukun” Program Pendampingan UPSUS SIWAB di Jember

(Jember,04/07/2019) Memasuki tengah tahun pertama kegiatan pendampingan UPSUS SIWAB oleh BPTP Jawa Timur, tim monev BPTP Jatim yang dipimpin oleh Dr. Tri Sudaryono mengunjungi kelompok ternak “Margo Rukun” di Desa Sumber Rejo yg menjadi peternak kooperator.

Dalam kegiatan pendampingan UPSUS SIWAB ini, BPTP Jatim juga telah memberikan berbagai inovasi teknologi pakan ternak antara lain: pengenalan hijauan pakan ternak Indigofera , pembuatan pakan konsentrat, pembuatan silase tebon jagung dll.

Penanggung jawab UPSUS SIWAB BPTP Jatim Abu Zaenal Zakariya, S.Pt, M.Anim.Sc bersama petugas pendamping dari Dinas Peternakan menjelaskan bahwa kegiatan UPSUS SIWAB ini merupakan bentuk dukungan BPTP Jatim dalam rangka peningkatan performa reproduksi ternak sapi betina melalui penerapan teknologi pakan.

Salah satu point penting yg dibahas oleh tim monev ialah mengenai manfaat yg telah dirasakan peternak kooperator harus bisa ditularkan kepada peternak lainnya.

“Kemandirian peternak dalam penyediaan pakan harus juga ditingkatkan”, ujar Tri Sudaryono. Dalam kegiatan ini, tim monev juga melakukan peninjauan ke lahan petani dan lahan perhutani yg telah dikuasa gunakan kepada petani. Lahan tersebut saat ini sudah ditanam Indigofera, jagung dan rumput gajah sebagai sumber hijauan pakan ternak.

#UPSUSSIWAB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *