Rabu, Agustus 22

Pelatihan Pengelolaan Pasca Panen untuk Tenaga Penyuluh Kota Batu

Malang – Dalam rangka meningkatkan kapasitas tenaga penyuluh pertanian dan perkebunan di kota Batu, maka tim Kelompok Peneliti Mekanisasi dan Teknologi Pertanian BPTP Balitbangtan Jawa Timur menjadi narasumber pada Pelatihan Pengelolaan Pasca Panen Pertanian Organik yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Kota Batu  di Kantor BPTP Jawa Timur, Karangploso.

Dalam kesempatan tersebut, pelatihan dibuka oleh Kasi KSPP, ibu Ir. Rika Asnita, MSc. Dalam sambutannya, beliau berharap agar peserta pelatihan dapat mengambil pelajaran dan manfaat dari pelatihan ini untuk pengembangan usaha pasca panen bagi kelompok tani maupun KWT di wilayah kerja tenaga penyuluh tersebut.

Adapun kegiatan pelatihan diikuti oleh PPL dan THL-TBPP Dinas Pertanian Kota Batu yang berjumlah 40 orang. Dalam pelatihan tersebut, peserta mengikuti sesi teori tentang pengemasan sayur dan buah segar yang disampaikan oleh Ibu Ita Yustina, S.TP, dan sesi praktek tentang pengolahan pasca panen sayur dan buah yang disampaikan dan dibimbing oleh ibu Lailatul Isnaini, S.TP dan ibu Rini Yogiastuti, SP, di Lab Mekanisasi dan Teknologi Pasca Panen BPTP Balitbangtan Jawa Timur, dengan mempraktekkan pembuatan berbagai olahan sayur dan buah, diantaranya adalah pasta sayur dan buah, mie cabai, stick sawi, manisan tomat, dan kripik tempe/sayur.

Kota Batu sangat kaya akan hasil pertanian hortikultura berupa sayur dan buah, sehingga wawasan dan pengetahuan bagi para penyuluh pertanian di daerah Batu sangat penting dan bermanfaat bagi pengembangan usaha pasca panen produk sayur dan buah di wilayah kota Batu. Dengan adanya pelatihan ini, para tenaga penyuluh lebih paham terkait pengemasan suatu produk sayur dan buah segar agar lebih higienis dan menarik, dan berbagai macam olahan sayur dan buah yang dapat dikembangkan produksi maupun pemasarannya. Kedepan diharapkan agar produk pertanian khususnya produk pasca panen baik pangan segar dalam kemasan dan produk olahan sayur dan buah memiliki kualitas tinggi dan dapat diterima oleh konsumen di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *