Rabu, Agustus 22

Peneliti Cina kunjungi demplot perbenihan bawang putih BPTP Jawa Timur.

(28/03/2018) Dukungan BPTP Jatim dalam upaya swasembada bawang putih nasional semakin jelas dengan dilaksanakannya demplot perbenihan bawang putih varietas nasional Lumbu Kuning dan Lumbu Hijau di Desa Pujon Lor Kecamatan Pujon Kabupaten Malang.

Hari ini di lokasi demplot tersebut,tim perbenihan bawang putih BPTP Jatim menerima kunjungan 6 orang peneliti dari Vegetable and Flower Research Institute, Shandong Academy of Agricultural Sciences yang hadir dalam rangka kunjungan balasan yg sebelumnya dilakukan oleh tim dari Kementerian Pertanian ke Cina. Sebelumnya, dilaporkan bahwa delegasi dari Cina tersebut juga sudah berkunjung ke Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) di Lembang, Jawa Barat.Disela kunjungannya di Pujon, Kong Suping salah seorang peneliti dari Cina menyampaikan bahwa demplot BPTP ini sudah cukup baik dilihat dari kondisi pertanaman yg ada saat ini. Menurutnya, hal ini harus tetap dipertahankan dengan memperhatikan aspek manajemen kesuburan tanah serta pengendalian hama dan penyakit yg potensial muncul. Faktor cuaca terutama intensitas cahaya matahari dan curah hujan juga dinilai sangat kritis sehingga terkadang modifikasi di lapangan diperlukan. Namun demikian, ketersediaan sumber daya dan kemampuan petani untuk melaksanakan tentu wajib menjadi salah satu pertimbangannya. Teknologi yang diterapkan pada demplot antara lain: penggunaan benih bermutu, pupuk organik 15-20 ton/ha, pupuk anorganik sesuai status hara lahan dan penerapan konsep pengendalian hama terpadu (PHT)

Kunjungan lapang juga diisi dengan diskusi antara peneliti dari BPTP yg dipimpin oleh Ir. Baswarsiati, MS, direktur sayuran dan tanaman obat, Dr. Prihasto Setyanto dan peneliti Balitsa bersama petani kooperator demplot. Keragaan bawang putih di lokasi demplot saat ini sudah memasuki hari ke-90 dan direncanakan panen pada awal April. (IBR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *