Kamis, Oktober 18

Rakor Percepatan LTT serta Pengembangan Tumpangsari dan Padi Gogo Jatim

Sidoarjo, 19 September 2018 – Mendukung program swasembada beras nasional, Tim UPSUS Jawa Timur menggelar Rakor Percepatan LTT serta pengembangan tumpangsari dan padi gogo di Hotel Utami Sidoarjo.

Pertemuan dipimpin langsung oleh Dirjen Tanaman Pangan Dr. Sumardjo Gatot Irianto. Rapat dihadiri pula oleh Kadisperta Jatim, Ketua STPP Malang, kepala BPTP Jatim. Sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah Kabid TP dan KCD dari 38 Kabupaten /kota di Jatim. Total peserta sekitar 750 orang.

Rakor bertujuan untuk mempercepat capaian LTT di bulan September dan menyusun strategi pencapaian target LTT bulan September sebesar 100. 051 hektar. Hasil sinkronisasi data, sampai hari ini, LTT bulan September tercatat 48.417 hektar. Salah satu strategi peningkatan LTT yang akan ditempuh adalah dengan pengembangan padi gogo dan pola tanam tumpangsari. Bulan ini target pertanaman padi gogo seluas 98.450 hektar. Dirjen TP menegaskan bahwa untuk percepatan pengadaan benih padi gogo, mantri tani dapat secara langsung menghubungi staf ditjen TP yang sudah ditunjuk. Sedangkan untuk kegiatan Tumpangsari Pajale akan dilaksanakan dem seluas 750 hektar di 12 Kabupten.

Dalam kegiatan ini, dilakukan pula penandatanganan kesanggupan untuk melaksanakan percepatan LTT oleh Kabid TP masing-masing Kabupaten/kota. Target percepatan LTT disusun secara rinci sampai dengan tingkat kecamatan.

Dalam rangka menyukseskan percepatan LTT, BPTP Jatim ditunjuk untuk mengawal teknologi pengembangan tumpangsari Pajale dan padi gogo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *