Kamis, Oktober 18

Rapat Evaluasi dan Penetapan Target LTT Jawa Timur

Surabaya, 29 September 2018. Mendukung program swasembada pangan nasional, Tim UPSUS Jawa Timur menggelar Rapat Evaluasi LTT September dan Penetapan Target Oktober 2018. Rapat dilaksanakan di ruang rapat Diperta Propinsi Jatim.

Rapat dihadiri oleh Sesditjen TP Kementan, Kepala BPTP Jatim dan Kabid TP Diperta Propinsi Jatim. Sebagai peserta dalam kegiatan ini adalah Kabid TP dan bagian data dari 38 Diperta Kabupaten/kota di Jatim.

Rakor bertujuan untuk rekonsiliasi data LTT di bulan September dan menyusun strategi pencapaian target LTT bulan Oktober. Hasil rekonsiliasi data dengan Diperta Kabupaten, diperoleh angka sasaran LTT Oktober sebesar 127.036 hektar. Salah satu strategi peningkatan LTT yang akan ditempuh adalah dengan pengembangan padi gogo dan pola tanam tumpangsari serta optimalisasi bantuan benih yang sudah diberikan Kementan.

Sesditjen TP menegaskan bahwa untuk percepatan LTT, bantuan benih yang sudah dikirimkan ke masing-masing lokasi agar segera ditanam ketika sudah masuk musim hujan.

Dalam kegiatan ini, dibahas pula terkait prakiraan luas panen jagung Jatim di bulan September dan Oktober. Hal ini untuk menghitung kecukupan stok jagung nasional. Prakiraan luas panen jagung Jatim bulan September-Oktober 187.260 hektar. Selanjutnya dilakukan penyusunan Target LTT padi bulan Oktober secara rinci sampai dengan tingkat kecamatan.

Mendukung percepatan LTT, dari sisi teknologi, BPTP Jatim akan melaksanakan demplot teknologi tumpangsari di 7 Kabupaten lokasi kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *