Rabu, November 21

Rapat Koordinasi dan Bimtek Kegiatan Peningkatan Pengelolaan Lahan dan Air di Kabupaten Probolinggo

Probolinggo, 8/11/2018). Rapat diikuti oleh Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) dan staf Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Peobolinggo sekitar 75 Peserta. Pertemuan dihadiri oleh Kepala BPTP Jawa Timur Dr. Chendy Tafakresnanto, MP beserta staf peneliti, yang dibuka oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Probolinggo Ir. H. A. Hasyim Ashari. MM.

Dalam sambutannya Kepala Dinas menyampaikan bahwa pertemuan dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan memahami pengelolaan lahan dan air untuk pertanian. Hasyim Ashari, menyampaikan bahwa kesuburan tanah pertanian di Kabupaten Probolinggo saat ini mengalami penurunan jauh ditandai oleh kandungan bahan organik <1,5% jauh dari kandungan bahan organik untuk tanah subur >3%. Sehingga untuk menggenjot produktivitas petani menggunakan dosis pupuk tanpa ukuran dan aturan.

Sementara itu, Kepala BPTP Jawa Timur menyampaikan bahwa saat ini pengembangan pertanian sudah saatnya mengarah pada Precission Farming System dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Dalam kesempatan ini, Kepala BPTP Jawa Timur juga menyampaikan materi terkait dengan dasar-dasar pengelolaan sumberdaya lahan pertanian dalam mendukung peningkatan produktivitas pertanian. Ada tiga upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas komoditas pertanian khususnya padi, yaitu 1). Peningkatan produktivitas, 2). Peningkatan Indeks Pertanaman/IP, dan 3). Perluasan areal tanam.

Pada kesempatan yang sama juga diperkenalkan program AVENZA MAP berbasis Android dan cara menggunakannya yang disampaikan oleh Dr. Atekan. Program ini merupakan tool pemetaan yang berguna mempermudah dalam melakukan pengumpulan data pertanian berbasis geospasial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *