Kamis, Oktober 18

Rapat Koordinasi Kelti Mekanisasi dan Teknologi Pascapanen – BPTP Jawa Timur

Malang – Selain sebagai forum diskusi antar anggota dan koordinasi program dan kegiatan lingkup Kelti Mekanisasi dan Teknologi Pascapanen di BPTP Jawa Timur, maka Ketua Kelti, Ir. S.S. Antarlina, MS, mengadakan Rapat Rutin Kelti yang dilaksanakan di R.R. BPTP Jatim pada hari Senin (9/7/2018).

Rapat Rutin ini diikuti oleh anggota Kelti yang terdiri dari 10 orang peneliti, penyuluh dan litkayasa di Kelti ini. Agenda rapat tersebut merumuskan beberapa hal mendasar, diantaranya adalah pembahasan tentang Struktur organisasi dan Tugas Pokok Fungsi Kelti. Terkait dengan tugas pokok dan fungsi dari Kelti, intinya dibagi menjadi 2 (dua) bagian utama, yaitu Fungsi Mekanisasi dan Fungsi Teknologi Pascapanen. Saat ini tupoksi Kelti masih dirumuskan untuk selanjutnya akan diajukan kepada Kepala BPTP Jawa Timur.

Terkait dengan fungsi mekanisasi, keluaran yang dihasilkan dari Kelti ini adalah berupa rakitan model atau prototipe alat dan mesin pertanian yang disesuaikan dengan kebutuhan teknologi pascapanen tepat guna spesifik lokasi, sedangkan keluaran dari Fungsi Teknologi Pascapanen adalah paket teknologi yang sudah dikembangkan oleh peneliti dan penyuluh lingkup Kelti Mekanisasi dan Teknologi Pascapanen.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibahas tentang kegiatan kedepan yaitu persiapan pelaksanaan Pameran dalam rangka Hari Krida Pertanian yang akan diselenggarakan di Banyuwangi, pada tanggal 17 Juli 2018 kedepan, dimana Kelti Mekanisasi dan Teknologi Pascapanen akan menampilkan informasi terkait teknologi pascapanen yang telah dikembangkan dan berusaha untuk menampilkan olahan khas spesifik lokasi diantaranya adalah olahan sorghum, bawang merah, cabai, dan biofarmaka.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *