Rabu, Oktober 16

Sosialisasi Gertam Siap Turun Lapang di Sidoarjo

Sidoarjo (11/09/2019)- Kemarau panjang kembali melanda, permasalahan pun satu persatu menghampiri petani. Demikian pula di Kabupaten Sidoarjo. Selain kekurangan air, munculnya OPT juga menyertai kondisi keterbatasan air ini.
Namun, pemerintah tidak tinggal diam. Bertempat di kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, hadir BPTP Jatim, Laboratorium Hama Penyakit Prov Jatim dan Direktorat Hortikultura Kementan di tengah-tengah 60 orang petugas mantri tani, POPT dan kelompok tani padi-kedelai.

“Kita akan tetap bersama mendampingi petani dan mencari solusi tiap permasalahannya, ” ujar Nurwantiningsih, Kabid Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura dalam sambutan pembukaan.

Sementara itu, Prasetya, kepala Laboratorium Hama Penyakit Prov. Jatim memberikan materi mengenai pengendalian hama dan penyakit. Ditekankan dalam paparannya bahwa pengendalian dimulai dari pra tanam (pengendalian preventif), diupayakan menggunakan pestisida nabati, serta pengendalian yang memperhatikan faktor tepat waktu, tepat jenis dan tepat dosis.

Chendy Tafakresnanto, Kepala BPTP Jatim selaku PJ UPSUS secara langsung memaparkan mengenai program Gerakan Tanam (Gertam) Kementerian Pertanian untuk musim kemarau ini. Gertam ini untuk memotivasi petani dalam peningkatan LTT. BPTP Jatim untuk Gertam dan Diseminasi siap menurunkan 2.800 kg Inpari 42 dan 250 kg Inpari 32 untuk 122 hektar sawah di Kabupaten Sidoarjo yang tersebar di Kecamatan Tarik, Sukodono, Jabon, Krian, Porong, Buduran, dan Prambon. Angka ini sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama petani. Mereka siap turun sawah pada September-awal Oktober. Tak hanya itu, BPTP Jatim juga menyiapkan biaya operasional untuk bahan bakar (BBM ) pompa air. “Kami akan meneruskan pengajuan bantuan pompa air dan sumur dangkal (pantek) dari Kabupaten Sidoarjo ke Kementerian Pertanian”. Untuk
Gertam September ini Kabupaten Sidoarjo mengajukan pompa air sebanyak 8 unit dan sumur dangkal (pantek) 5 unit untuk lahan seluas 148 hektar.

Menutup acara ini, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo, Handajani, menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian serius pemerintah pusat kepada petani. Diharapkan mampu memotivasi petani untuk terus bertanam padi, khususnya musim kemarau ini.

#UPSUS
#FARM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *