Sabtu, Desember 7

Sumenep Atur Jadwal Tanam Musim Kemarau

Sumenep, 15/10/2019. Hadir dalam Rapat koordinasi UPSUS di aula Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan kabupaten Sumenep Kepala Dipertahortbun, Dinas PU Pengairan, Kasdim dan Pasiter 0827 BPTP Jatim, serta Kordinator penyuluh dan danramil dari 27 kecamatan di Kabupaten Sumenep.

Dalam sambutannya, Kepala Dipertahortbun menyampaikan untuk mendukung kebijakan tanaman pangan nasional demi mewujudkan swasembada pangan, perlu bersinergi untuk mendampingi petani dalam menanam padi. Terutama atur strategi dalam menghadapi musim kemarau Oktober ini. Pasiter berpendapat bahwa ketahanan pangan adalah suatu kebutuhan penting. Namun permasalahannya adalah berkurangnya lahan. Namun, jangan dijadikan sebagai hambatan, justru sebagai semangat untuk mampu menciptakan teknologi dan strategi untuk swasembada pangan.

Selain air, permasalahan UPSUS pajale di Kabupaten Sumenep adalah pola tanam budaya petani yang terbiasa tanam tembakau juga membuat turunnya LTT. Namun demikian, tetap bersemangat dalam memenuhi target LTT padi dan jagung .

Sementara itu Dinas PU Pengairan telah menyusun strategi dalam menghadapi musim kemarau ini, antara lain menambah luas areal irigasi teknis dengan merehab infrastruktur yang sudah ada di kabupaten Sumenep antara lain dam, bendungan, saluran air primer-sekunder-tersier, serta perbaikan sumur bor yang melayani irigasi air tanah.

Selain itu juga melakukan usaha konservasi, sosialisasi penggunaan air dan irigasi tetes.
Menyadari sebagai ujung tombak, kabid penyuluhan dan sarpras berharap penyuluh tetap mendampingi petani dan mengoptimalkan pemanfaatan alsintan.

Prognosa tanam padi dan jagung untuk bulan Oktober ini hanya sangat kecil di beberapa wilayah yang masih ada sedikit air, diantaranya adalah kecamatan Guluk-Guluk. Untuk di kecamatan lain sulit ketersediaan air. Namun, bulan November kesanggupan dari wilayah lain ada, antara lain Pragaan, Lenteng, Manding dan Ganding.
Dan akan terus diikuti kecamatan lain di bulan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *