Sabtu, Desember 7

TTP Dillem Wilis Trenggalek menjadi sarana belajar calon petani milenial

Sebanyak 80 siswa kelas IX SMP N 1 Bendungan yang terbagi menjadi 15 kelompok mengadakan kunjungan lapang ke Taman Teknologi Pertanian (TTP) Dillem Wilis Trenggalek dalam rangka belajar pertanian dan peternakan dari budidaya sampai dengan pengolahannya. Materi yang dipelajari dimulai dari budidaya tanaman, budidaya sapi perah, sampai dengan pembuatan olahan kopi, susu dan buah di TTP Dillem Wilis.

Kunjungan siswa yang yang merupakan bagian dari mata pelajaran IPA ini dipimpin langsung oleh Edi Purtamanto S.Pd, yang sekaligus pengampu mata pelajaran IPA. “Kunjungan ini dalam rangka untuk memberikan wawasan lebih jauh tentang dunia pertanian dan peternakan bagi siswa kelas 9 di SMP kami”, ucap beliau dalam perbincangan ringan dengan tim. “Saya juga terkesan dengan kegiatan disini, apalagi terkait produksi energi dari pemanfaatan kotoran sapi menjadi biogas untuk memasak dan penerangan” lanjut beliau.

Pemandu lapang dalam kegiatan ini adalah staf karyawan TTP Dillem Wilis yang telah mendapatkan bimbingan langsung dari Tim pendamping TTP Dillem Wilis dari BPTP Jawa Timur.

Kegiatan ini merupakan bagian fungsi TTP Dillem Wilis yang mempunyai visi sebagai pusat inovasi kopi dan sapi perah mendukung Agroeduwisata Dillem Wilis. TTP bisa menjadi sarana edukasi pertanian bagi siswa, petani, penyuluh dan masyarakat umum yang ingin memahami lebih jauh tentang dunia pertanian dan peternakan. Kedepannya, keberadaan TTP mampu mendorong tumbuhnya petani-petani muda milenial yang mempunyai visi misi yang kuat untuk mengembangkan pertanian di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *