Bimtek Hilirisasi Teknologi Pertanian Hari ke-3, BPTP Balitbangtan Jawa Timur Bawakan Tema Seputar Tanaman Obat
Jumat, Mei 20

Bimtek Hilirisasi Teknologi Pertanian Hari ke-3, BPTP Balitbangtan Jawa Timur Bawakan Tema Seputar Tanaman Obat

Jombang, 16 Juni 2021 – Rangkaian kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Hilirisasi Teknologi Pertanian yang dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur masih terus berlanjut. Tepatnya pada Hari Rabu ini, bertempat di Gedung Kantor PC Muslimat NU Jombang, merupakan hari terakhir dalam rangkaian Bimtek Hilirisasi Teknologi Pertanian di Kabupaten Jombang.
Acara diawali oleh sambutan Kepala BPTP Balitbangtan Jawa Timur yang dalam hal ini di wakili Koordinator Program yaitu Dr. Gunawan, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Gunawan, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek Hirilisasi Teknologi Pertanian yang dilaksanakan selama 3 hari dengan tempat, materi dan peserta yang berbeda di Kabupaten Jombang merupakan wujud eksistensi BPTP Balibangtan Jawa Timur dalam pelaksanaan kegiatan diseminasi teknologi pertanian. Dengan adanya kegiatan Bimtek ini, diharapkan adanya peningkatan kapasitas SDM sehingga dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Jombang pada umumnya, dan khususnya bagi petani dan penyuluh pertanian di Kabupaten Jombang.
Sambutan dilanjutkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Jombang, Dr. Priadi, MM. Beliau memaparkan bahwa pemilihan tema Bimtek Tanaman Obat dan Pengolahan Hasil Pertanian ini sangat tepat dikarenakan tanaman obat atau tanaman herbal merupakan salah satu upaya penanggulangam wabah Covid-19. Peran wanita tani cukup efektif dalam pemanfataan lahan pekarangan dengan di dampingi oleh Penyuluh Pertanian, untuk itulah peserta bimtek di fokuskan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Penyuluh Pertanian yang bertugas di wilayah tersebut.
Acara selanjutnya adalah sambutan dari Anggota DPR-RI Komisi IV, Ibu Ema Umiyyatul Chusnah, S.T, M. M.Pd. Dalam sambutannya, Ning Ema mengatakan bahwa BPTP Balitbangtan Jawa Timur sebagai UPTP Kementerian Pertanian merupakan wadah bagi berbagai macam desain inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan petani. Maka dari itu teknologi yang di sajikan melalui Bimbingan teknis sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era pandemi Covid-19. Dalam pelaksanaannya, kegiatan Bimtek dilakukan secara ketat sesuai dengan SOP protokol kesehatan pencegahan Covid-19, serta dilengkapi dengan berbagai macam produk Eucalyptus hasil inovasi Badan Litbang Pertanian.
Pada kesempatan kali ini, BPTP Jawa Timur menghadirkan 2 narasumber untuk menyampaikan materi kepada peserta yang di moderatori oleh Ir. Dwi Wahyu Astuti, M.Si. Narasumber pertama adalah Nurul Istiqomah, S.P., M.P yang merupakan Peneliti di BPTP Jawa Timur dengan tema “Budidaya Tanaman Obat”. Dalam pemaparannya, beliau membahas budidaya tanaman obat, khusususnya adalah tanaman jahe. Narasumber kedua adalah Tri Ari Ratnawati, SP yang merupakan Penyuluh Pertanian di BPTP Jawa Timur dengan tema “Penanganan dan Pengolahan Hasil Pertanian”. Pada sesi ini beliau menunjukkan cara mengolah hasil pertanian berupa tanaman obat serta pengolahan pisang. Dengan pemaparan materi tersebut, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan pengetahuan petani dan penyuluh berkaitan dengan budidaya dan pasca panen tanaman obat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *