Rabu, Desember 1

BPTP Jatim Gelar Temu Teknis Peneliti Penyuluh Balitbangtan dan Penyuluh Daerah.

(Malang, 29 September 2021) – Balitbangtan melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di tingkat provinsi terus memberikan rekomendasi teknologi atau paket teknologi spesifik lokasi kepada petani dan stakeholder di daerah khususnya Dinas/UPT yang membidangi pertanian. Hal tersebut bertujuan untuk mendukung program strategis nasional sekaligus mendukung pengembangan komoditas unggulan daerah. Penerapan teknologi pertanian dianggap menjadi satu cara utama dalam peningkatan produktivitas sektor pertanian. Target pencapaian pembangunan di sektor pertanian pun memerlukan sinergi dan kolaborasi dengan stakeholder lain di daerah agar tercapai dengan lancar. Sejalan dengan hal tersebut, BPTP Jawa Timur terus berkomitmen untuk memasyarakatkan inovasi Balitbangtan melalui penyuluh pertanian yang dikemas dalam bentuk temu teknis peneliti-penyuluh Balitbangtan dan penyuluh daerah.
Acara temu teknis peneliti-penyuluh Balitbangtan dan penyuluh daerah dilaksanakan secara virtual diikuti oleh perwakilan penyuluh pertanian dari 38 Kab/Kota di Jawa Timur dan kalangan umum. Acara ini dibuka oleh Kepala BPTP Jatim Dr. Catur Hermanto yang juga menyampaikan bahwa keterkaitan antara penelitian dan penyuluhan (Research-Extension Linkage) sangat penting agar inovasi yang dihasilkan dapat sampai dan diadopsi petani dengan strategi diseminasi yang didukung oleh kesatuan data (single data) yang dibangun dari BPP sebagai ujung tombak dalam Komando Strategi Pembangunan Pertanian (Kostratani).
“Saya berharap temu teknis ini menjadi wadah bagi penyuluh dan peneliti di BPTP Jatim untuk terus berkomunikasi baik formal- periodic atau informal”, ujar Catur.
Temu Teknis juga diisi ekspose demfarm padi khusus dan spesifik di 9 lokasi oleh Dr. Sudarmadi Purnama serta 2 narasumber yakni peneliti BPTP Jatim Ir. Paulina Evy MP dengan judul “Pengembangan Benih Kentang Var. Granola Kembang dan Prosedur Delegasi Legalitas dan penyuluh pertanian teladan nasional tahun 2019 Evrina Budiastuti, SP yang berbagi pengalaman tentang “Trik Raih Angka Kredit Penyuluhan Agar Kinerja Pertanian Optimal”. Kedua materi tersebut dinilai penting karena profesi penyuluh tidak hanya berkutat pada aspek teknis melainkan juga aspek keprofesian penyuluh yang perlu terus ditingkatkan kapasitasnya. Diakhir acara juga disampaikan profil koordinator wilayah BPTP Jatim untuk lebih memperjelas tugas dan fungsi yang diemban guna mendukung implementasi program Kementerian Pertanian di daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *