Kamis, Januari 27

Diseminasi Paket Teknologi, BPTP Jatim Sosialisasikan Hasil Pengkajian Jagung Toleran Naungan dan Kekeringan

Lamongan, 10 Desember 2019 – Bertempat di Balai Desa Songowareng Kecamatan Bluluk (Selasa, 10 Desember 2019), BPTP Jatim menggelar sosialisasi dari hasil kegiatan bertajuk “Pengkajian Paket Teknologi Budidaya Jagung Toleran Naungan dan Kekeringan Spesifik Lokasi”, dihadiri oleh mantri tani, PPL, Gapoktan dan Poktan lingkup wilayah Kec Ngimbang dan Bluluk Kab Lamongan. Acara diawali dengan sambutan selamat datang dari Kepala Desa Songowareng Kec. Bluluk dan beliau berterima kasih karena sudah memilih lokasi tersebut sebagai tempat pengkajian untuk memberikan kontribusi kepada petani sekitar.

Acara dilanjutkan dengan arahan dari Kepala UPTD wilayah Ngimbang sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut (Mat Ali, SP). Beliau menyampaikan bahwa masih terdapat perbedaan hasil panen antara wilayah utama dan wilayah pendamping. Dikarenakan Kec. Bluluk dan Ngimbang termasuk wilayah pendamping di daerah sentra jagung tersebut, maka pengkajian ini tepat dilaksanakan pada lokasi dimaksud.

Penyampaian hasil pengkajian disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan Dr. Dwi Setyorini, SP, MP. Adapun kegiatan pengkajian dilaksanakan di Desa Bluluk Kec. Bluluk dan Desa Cerme Kec. Ngimbang mulai Februari sampai Juli 2019, pada lahan kering dan ternaung milik petani.

Hasil pengkajian diperoleh bahwa varietas tidak mempengaruhi produksi tanaman, tetapi jarak tanam double row (90x40x20 cm) menunjukkan hasil yang lebih tinggi dibandingkan penggunaan jarak tanam existing petani (70 x 40 cm). Selain itu, cara pemberian pupuk dengan tugal memberikan hasil lebih tinggi dibandingkan dengan disebar, meskipun memerlukan biaya tambahan untuk penugalan.

Harapannya sosialisasi ini dapat memberikan informasi baru kepada peserta, sehingga dapat meningkatkan provitas jagung di wilayah tersebut. Selain itu, petani dapat terbuka wawasannya tentang pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan pendapatan petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *