Senin, Oktober 18

Kacang Gude

1. Nama tanaman : Gude
  a. Famili : Fabaceae
  b. Spesies : Cajanus cajan Druce
  c. Varietas : Gude Kajan
  d. Nomor aksesi : CCD-004
  e. Nama daerah : Kacang Gude
2. Asal usul : Data paspor asal usul induk tertuang dalam dokumen dengan kode aksesi CCD-004 yang dikoleksi oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian JawaTimur.
3 Habitat : Kebun pekarangan
4. Ciri tanaman :  

 

  Perdu bertahunan berumur pendek (1-5 tahun), tinggi 0.5-4 m, akar tipis dengan panjang hingga 2 m. Bercabang banyak dan kecil. Daun berseling, berdaun tiga, kelenjar berburikan; pinak daun berbentuk menjorong. Bunga dalam tandan semu, kadang-kadang berkumpul dan muncul bersama, biasanya tersebar dan berbunga dalam waktu yang lama. Bunga kupu-kupu, mahkota bunga berwarna kuning atau krim, merah, jingga atau ungu. Buah polong berbentuk lurus atau menyabit berisi biji berjumlah (2-)4-9 berbentuk membulat, menjorong atau agak persegi. Biji berwarna putih, krim, coklat, ungu kehitaman.

 

Bijikeringnerwarnahitam, sedikitbulat, ringan, bobot 1 gram biji sekitar1500 butirbiji.

 

5. Taksasi potensi hasil : 3,2-3,7 ton kacang/ha
6. Manfaat/kegunaan : Polong muda untuk sayuran, urap-urap, karedok, bongkoe, lodeh, oseng-oseng, biji matang menggantikan kedelai untuk tempe dan tahu.

Tanaman ini sering ditanam sebagai peneduh tanaman, penutup tanaman atau penahan angin, atau bahkan sebagai tanaman pendukung untuk panili.

Meningkatkan fertilitas lahan itu oleh sistem nitrogen fiksasi oleh Rhizobium dan humus yang disajikan oleh daun-daun yang jatuh.

 

Sebagai obat tradisional, mis. daun-daun muda ditempelkan pada luka, herpes dan gatal.

7. Keunggulan/unik : Tahan kekeringan
8. Nilai nutrisi : Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram kacang Gude, dengan jumlah  yang  dapat dimakan sebanyak 100 %.
mengandung energi sebesar 336 kilo kalori, protein 20,7 gram, karbohidrat 62 gram, lemak 1,4 gram, kalsium 125 miligram, fosfor 275 miligram, dan zat besi 4 miligram.  Selain itu di dalam Kacang Gude juga terkandung vitamin A sebanyak 150 IU, vitamin B1 0,48 miligramdan vitamin C 5 miligram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *