“Ning Ema” Hadiri Kegiatan Bimtek Tanaman Hias di Kabupaten Jombang
Jumat, Mei 20

“Ning Ema” Hadiri Kegiatan Bimtek Tanaman Hias di Kabupaten Jombang

Jombang, 14 Juni 2021 – Anggota DPR-RI Komisi IV, Ibu Ema Umiyyatul Chusnah, S.T, M. M.Pd menghadiri kegiatan Bimbingan Teknis yang dilaksanakan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur yang bertempat di Pendopo Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang. Acara Bimtek tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Hilirisasi Inovasi Teknologi Pertanian Badan Litbang Pertanian di Kabupaten Jombang yang rencananya akan dilaksanakan dalam kurun waktu 3 hari terhitung mulai tanggal 14 Juni 2021 sampai dengan 16 Juni 2021 di 3 lokasi yang berbeda. Tema yang diangkat pada hari pertama ini ialah Tanaman Hias dan Kultur Jaringan.

Dalam sambutannya, Ibu Ema Umiyyatul Chusnah, S.T, M. M.Pd memaparkan bahwa saat ini trend tanaman hias mulai menunjukkan geliatnya. Hal ini merupakan kesempatan yang baik bagi masyarakat untuk ikut berperan serta dalam meramaikan trend ini. Selanjutnya “Ning Ema” menyampaikan bahwa budidaya tanaman hias memiliki prospek yang menjanjikan bila di garap dengan serius.

Sejalan dengan pernyataan Ning Ema, Kepala BPTP Balitangtan Jawa Timur yaitu Dr. Ir. Catur Hermanto, MP juga menyampaikan bahwa budidaya tanaman hias ini berpeluang besar menjadi jenis usaha sampingan yang menguntungkan terutama bagi ibu rumah tangga. Adanya trend tanaman hias yang muncul baru-baru ini membuka kesempatan bagi ibu rumah tangga untuk tetap produktif di masa pandemi seperti sekarang ini. Harapannya budidaya tanaman hias bukan hanya sekedar menjadi hobi, namun dapat berkembang menjadi bisnis yang tentunya dapat memberikan nilai tambah bagi ekonomi keluarga.

 

Untuk mewujudkan hal tersebut pada kegiatan Bimtek kali ini BPTP Balitangtan Jawa Timur menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya. Bertindak sebagai moderator ialah Dr. Ir. Tri Sudaryono, MS. dengan narasumber yaitu Ir. Donald Sihombing, MP yang merupakan Peneliti BPTP Jawa Timur dengan materi “Budidaya Tanaman Hias” serta Ir. Paulina Evy Retnaning P, MP yang juga merupakan Peneliti BPTP Jawa Timur dengan materi “Perbanyakan Tanaman Hias dengan Kultur Jaringan”. Peserta yang hadir sangat antusias menerima materi yang disampaikan oleh narasumber, hal ini ditunjukkan oleh sikap proaktif peserta Bimtek dalam memberikan pertanyaan pada sesi diskusi. Kendati demikian, kegiatan Bimtek tersebut tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *