Kamis, Januari 27

PANEN DAN TASYAKURAN DEMFARM JOMBANG

Jombang, 21 Agustus 2021 – Sabtu ini, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtan Jawa Timur melaksanakan kegiatan panen dan tasyakuran Demfarm VUB Padi Khusus dan Padi Spesifik Lokasi Kabupaten Jombang. Acara ini merupakan puncak dari kegiatan Demonstrasi Darm (Demfarm) VUB padi khusus dan spesifik lokasi yang dilakukan pada lahan seluas 10 Hektar di Dusun Gempoldampet, Desa Ngrandulor, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang Acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh Anggota DPR RI Komisi IV, Ema Umiyyatul Chusnah, ST., M.M.Pd, Kepala BPTP Jatim Dr. Ir. Catur Hermanto, MP , Bupati Kabupaten Jombang Mundjidah Wahab beserta Asisten II selaku Plh Kepala Diperta, Kepala Badan Ketahanan Pangan, Bappeda dan SKPD lainnya.
Acara diawali dengan panen simbolis yang dilaksanakan oleh Bupati Kabupaten Jombang, Anggota DPR RI Komisi IV, Kepala BPTP Jatim dan Plh Kepala Diperta Kabupaten Jombang. Dilanjutkan rombongan Bupati menyaksikan kegiatan panen dengan combine harvester. Sebelum acara dialog dan ramah tamah, Bupati dan Anggota DPR RI Komisi IV mengamati gabah dan beras hasil panen 5 VUB padi khusus serta spesifik lokasi dengan dipandu oleh Kepala BPTP Jatim. Selain hasil panen tersebut Kepala BPTP Jatim menyampaikan akan dihasilkan benih berlabel sebanyak 4 VUB yaitu Inpari 45, Inpari Ir Nutrizinc, Pamelen dan Inpari 42.

Bupati dan Anggota DPR RI sangat tertarik atas penjelasan Kepala BPTP Jatim terkait dengan hasil panen. Ketertarikan tersebut dinyatakan dengan kesiapan pemda Kabupaten Jombang untuk menjaga keberlanjutan varietas Pamelen dan Nutrizinc dan bersedia membeli hasil panennya. Pada acara tersebut Kepala BPTP Jatim menyerahkan sertifikat kepada Penyuluh dan Petugas POPT sebagai wujud apresiasi kepada mereka yang mebantu pendampingan kegiatan demfarm, sehingga kegiatan demfarm tersebut dapat berjalan dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *