Rabu, Desember 1

PETANI JAGUNG KABUPATEN JOMBANG BELAJAR TENTANG PERBENIHAN

Jombang, 01 Oktober 2021 – Mengawali bulan di bulan Oktober 2021 BPTP Balitbangtan Jawa Timur melanjutkan kegiatan bimbingan teknis perbenihan, kali ini berlanjut di gedung gubug sawah, desa Mojounggul, kecamatan Bareng, kabupaten Jombang. Kegiatan bimbingan teknis perbenihan pengembangan benih / bibit unggulan & teknologi Balitbangtan kali ini dengan komoditas jagung.
Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama BPTP Jatim dengan komisi IV DPR RI (Ir. Mindo Sianipar) dihadiri 100 orang lebih petani jagung dari beberapa kelompok tani di kabupaten Jombang, hadir pula perwakilan dari Dinas Pertanian kab. Jombang.
Dalam sambutannya kepala BPTP Jatim (Dr. Ir. Catur Hermanto, M.P.) yang diwakili oleh (Dr. Ir. Sudarmadi Purnama, M.S.) menyampaikan bahwa perlu adanya ketersediaan benih jagung yang jelas asal-usulnya, kualitas yang harus baik, serta jaminan benih unggul, maka dari itu harapan untuk para petani jagung bisa menyerap ilmu yang diberikan oleh para narasumber, sebagai ilmu yang bisa diterapkan dalam proses penanaman jagung yang akan dilakukan.
Sambutan melalui video telekonferensi anggota komisi IV DPR RI (Ir. Mindo Sianipar) menyampaikan bahwa para petani jagung harus lebih pintar dalam berbagai hal, mulai dari lpemilihan benih, hama penyakit hingga proses pasca panen, terlebih dalam awal pemilihan benih, para petani diminta agar lebih memilih bagaimana pemilihan benih harus lebih selektif. Serta berpesan para petani jagung peserta bimtek perbenihan harus lebih bersemangat dalam bertani jagung setelah mengikuti bimtek kali ini.
Kepala Dinas Pertanian yang di wakili oleh kasie tanaman pangan (Ari Wibowo) menyampaikan dibalik luas tanah yang semakin menyempit, kawasan jagung di Jombang mencapai 40.000 hektar dengan rata-rata produktifitas 6,9 ton per hektar dan. Serta diharapkan dengan kegiatan kali ini bisa melahirkan para penangkar benih baru kali ini dapat menjadi momentum bagi para petani untuk lebih sadar terhadap benih yang bagus yang akan ditanam.
Terdapat beberapa materi yang disampaikan, materi pertama tentang budidaya tanaman jagung disampaikan oleh peneliti BPTP Jatim (Ir. Zainal Arifin, M.P.) menerangkan mulai dari pengenalan berbagai jenis benih jagung, penanaman, hama penyakit, hingga pasca panen. Serta pemateri kedua (Agus Priadi) Manager Produksi dari PT. Botani Seed Indonesia dengan materi perbenihan jagung hibrida, pengenalan bagaimana perbenihan jagung hibrida di terapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *