Rabu, Desember 1

TINGKATKAN KUALITAS KOPI, PETANI KOPI KAB.BLITAR SEMANGAT IKUTI BIMTEK PERBENIHAN

Kab. Blitar, 17 September 2021 – Petani kopi lereng gunung kawi Kabupaten Blitar antusias mengikuti bimbingan teknis perbenihan pengembangan bibit unggul badan litbang pertanian kementerian pertanian. Bimtek yang diadakan di desa ampelgading, kecamatan selorejo, Kabupaten Blitar kali ini bertemakan pengembangan bibit unggul balitbangtan komoditas kopi.
Bimtek yang diselenggaran atas kerjasama antara BPTP BALITBANGTAN JATIM dengan anggota DPR RI (Ir. Endro Hermono, MBA) dihadiri pula oleh perwakilan Bupati Blitar, Kepala Dinas Pertanian & Pangan Kab.Blitar (Ir. Wawan Widianto), Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kab.Blitar (Ir. Lukas Supriyatno, MM) serta para petani kopi.

Dalam sambutan pembukaannya, kepala BPTP Balitbangtan Jatim (Ir. Catur Hermanto MP) menyampaikan pentingnya sinergi antara petani dengan pihak-pihak terkait, mulai dari kebun kopi, benih yang baik hingga sampai ke cangkir kopi perlu diperhatikan dengan baik.
(Ir. Endro Hermono, MBA) Anggota DPR RI menyampaikan terimakasih kepada para peserta bimtek perbenihan kopi atas semangat serta antusiasnya demi meningkatkan kualitas kopi yang akan dihasilkan.

Kepala Dinas Pertanian & Pangan Kab.Blitar (Ir. Wawan Widianto) berterimakasih atas kerjasama semua pihak, terutama atas bantuan bibit sebanyak lebih dari >1000 bibit serta ilmu-ilmu yang telah diberikan, pemerintah Kab.Blitar akan selalu mendampingi para petani hingga petani berhasil menerapkan ilmu yang telah didapatkan.
Acara bimbingan teknis dengan pemateri dari PUSLITKOKA (Fraizal Romadoni) dengan materi “Teknologi Perbenihan Kopi Arabika & Robusta”, pada paparannya dijelaskan pengertian awal tanaman kopi hingga bagaimana teknologi perbenihan kopi diterapkan, serta bagaimana cara penyiapan perbenihan kopi, hingga penanggupangan hama penyakit tanaman kopi.
Dari praktisi pemasaran kopi (Arif Efendi, SE) dengan materi “Pemasaran Produk Kopi Arabika & Robusta”, memaparkan bagaimana pemasaran dimulai dari bagaimana pembibitan awal dan perawatan penting dilakukan demi menghasilkan kopi yang berkualitas tinggi.
Terdapat pula dua kolompok barista kopi dari Desa Ampelgading dan Resap Ombo, keduanya memberikan contoh penyajian kopi yang kekinian kepada seluruh peserta bimtek. Acara diakhiri dengan simbolisasi pemberian bibit kopi kepada dua desa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *